Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang terbentuk dari karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan Nitrogen. Protein menjadi sumber besar untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menghasilkan enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh supaya bekerja optimal, serta menjadi sumber energi tubuh. Itulah kenapa protein disebut sebagai sumber energi cadangan dari karbohidrat.

Kekurangan protein bisa berdampak buruk bagi tubuh. Kamu bisa melihat tanda-tanda kekurangan protein seperti penurunan sistem imun,  mudah lelah dan lapar, gangguan fungsi otak, rambut rontok, stunting pada anak, kehilangan massa otot, sampai proses penyembuhan luka menjadi lambat.

Kamu nggak perlu bingung untuk mencari sumber protein untuk mencukupi kebutuhan sehari-harimu, Teman Setia. Kamu bisa mengonsumsi protein bar atau hanya dengan memenuhinya secara nabati dan hewani yang murah dan mudah dicari.

1. Tahu

via: cookist.com

Bahan masakan yang lembut ini memiliki kandungan protein yang tinggi Teman Setia! 1 buah tahu mengandung  sekitar 8 – 10 gram protein dan 70 – 80 kalori. Mengonsumsi tahu bisa menjadi alternatif kamu untuk berdiet. Selain itu, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan yang enak, entah itu di tumis, di sayur, maupun di goreng. Eits, tapi jangan terlalu mengonsumsi gorengan ya Teman Setia.

2. Tempe

via: ubudfoodfestival.com

Makanan khas Indonesia yang satu ini tidak boleh terlewatkan dari daftar makanan tinggi protein. Sama seperti tahu, tempe yang dibuat dari bahan kedelai ini kaya akan kandungan protein. Selain itu, tempe juga mengandung prebiotik yang berfungsi meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mengurangi inflamasi/peradangan.

Bagi kamu yang melakukan pola hidup plant based dan vegetarian atau vegan, tempe bisa menjadi alternatif protein nabati untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

3. Daging Sapi

via: masakapahariini.com

Siapa nih yang doyan daging? Nggak cuma meat lovers yang tau aja nih kalau daging adalah sumber protein tinggi! Dalam 85 ons daging sapi terkandung 22 gram protein dan 184 kcal. Tapi Teman Setia harus memilih daging tanpa lemak ya dan jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena dapat menyebabkan resiko berbagai penyakit seperti kanker usus besar, diabetes tipe 2, atau penyakit jantung.

4. Dada Ayam

via: .farm2fork.co.uk

Alternatif mengonsumsi daging merah adalah daging dada ayam. Walaupun dada dan paha ayam sama-sama mengandung protein yang tinggi, ternyata kandungan protein dalam dada ayam lebih besar sekitar 25 gram, dikutip dari hallosehat.com. Itulah kenapa banyak orang yang sedang berdiet memilih mengonsumsi daging dada ayam.

5. Ikan Tuna

via: thermoworks.com

Kaya akan asam amino, omega-3, dan protein yang tinggi tentunya ikan tuna menjadi pilihan utama para orang tua untuk dikonsumsi oleh anaknya yang dalam masa pertumbuhan. 150 gram ikan tuna terdapat protein sebanyak 40 gram yang rendah kalori (157 kcal) dan lemak. Hindari mengonsumsi tuna kalengan ya, Teman Setia karena kandungan lemaknya sudah berubah akibat minyak pengolahnya.

6. Susu

via: wall.alphacoders.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau minuman berkalsium ini juga mengandung protein tinggi. Kandungan protein dalam segelas susu sebanyak 8 gram dan kalori sekitar 103 kcal. Di sarankan kamu untuk mengonsumsi susu sebanyak 1 gelas perhari, kalau kelebihan kamu bisa sakit, lho Teman Setia. Selain itu kalau kamu tidak toleran sama susu kamu bisa memilih alternatif seperti almond milk atau soy milk. Nggak cuman bisa kamu minum aja, tapi bisa kamu olah menjadi yogurt, keju, kue, ataupun untuk makan sereal.

7. Brokoli

via: wall.alphacoders.com

Walau beberapa orang ada yang anti memakan sayuran berwarna hijau ini, ternyata brokoli memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, kalium, dan protein yang tinggi! Dikutip dari food.detik.com, ternyata protein dalam brokoli lebih banyak ketimbang daging lho Teman Setia. Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi bioaktif yang tinggi yang dapat mencegah risiko penyakit kanker.

8. Bayam

via: wallpaperflare.com

Selain terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, kalium, magnesium, zat besi, kalsium, terdapat juga kandungan protein. 100 gram bayam terdapat 2,9 gram dan 23 kcal. Cocok sekali untuk MPASI.

Bahan makanan di atas tadi bisa menjadi pilihan kamu untuk berdiet tapi tentunya diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang seimbang. Kamu juga tidak bisa hanya mengkonsumsi satu bahan saja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari kamu. Agar tidak melebihi batas konsumsi kamu perlu mengetahui kandungan makanan yang kamu makan.

Banyak cara untuk melakukan pola hidup yang sehat. Good luck untuk melakukannya Teman Setia!

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: