Cr: SteadyHealth

Teman Setia, beberapa bayi mungkin lebih sensitif daripada bayi yang lain. Misalnya dalam hal tidur, perjuangan untuk membuat si kecil tidur nyenyak tanpa harus sering terbangun mungkin cukup sulit. Terlebih lagi untuk pasutri baru nih. 

Perlu Teman Setia ketahui, tidur berkualitas sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Selain lingkungan yang tenang, beberapa jenis makanan dapat meningkatkan kualitas tidur si kecil, loh. Nah berikut berikan jenis makanan MPASI yang dapat membantu si kecil untuk tidur nyenyak

Pisang

Kandungan magnesium pada pisang tidak hanya membantu metabolisme tubuh tetapi juga membuat otot rileks. Sedangkan melatonin sendiri yang merupakan ‘hormon tidur’ tentunya dapat membantu meningkatkan kadar melatonin dalam darah. Selain itu karena teksturnya yang lembut serta manis mudah dikonsumsi oleh bayi.

Bayam

Sayuran yang satu ini sering diolah menjadi menu MPASI karena nutrisinya yang beragam. Selain mengandung zat besi serta vitamin C,kandungan asam amino triptofan yang berfungsi dalam pembuatan hormon melatonin, serotonin, serta Vitamin B6. Sayuran ini mudah diolah sebagai bubur dengan berbagai lauk sebagai menu MPASI.

Oat

Pict by jcomp via freepik

Oat membuat bayi kenyang lebih lama, sehingga ia bisa tertidur lebih pulas. Apalagi, gandum utuh oatmeal memicu pembenutukan asam amino triptofan. Oatmeal bekerja lebih efektif bila dicapur dengan susu dan pisang, dikutip oleh merdeka.com. Selain itu, kandungan serat pada oatmeal mampu mempelancar sistem pencernaan.

Nanas

Pict by 8photo via freepik

Para peneliti menemukan bahwa setelah mengonsumsi nanas, penanda melatonin dalam tubuh dapat naik hingga 266 persen. Itulah mengapa nanas bisa menjadi MPASI untuk membantu bayi terlelap.

Anggur

Sama seperti pisang, buah anggur mengandung melatoni dan memiliki daging buah yang lunak. Namun mengkonsumsi buah ini harus dibatasi ya Teman Setia, karena kandunga gulanya tinggi.

Salmon

Pict via freepik

Kandungan dalam salmon selain baik untuk kesehatan dan kecerdasan, ternyata juga dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Dikutip dari psychologytoday, omega 3 dan vitamin D membantu menjaga kualitas tidur karena meningkatkan hormon melatonin.

Nasi Putih

Pict by jcomp via freepik

Meski lebih disarankan untuk mengkonsumsi beras merah karena kandungan gizinya lebih tinggi, nasi putih memiliki karbohidrat tinggi yang menyebabkan rasa kantuk lebih cepat. Namun dalam mengkonsumsinya harus dikombinasikan dengan lauk yang seimbang.

Sebenarnya masih ada pilihan alternatif seperti kacang-kacangan dan olahan susu yang bisa Teman Setia pilih sebagai MPASI si kecil dan membantu menjaga kualitas tidurnya. Teman Setia juga bisa mencari berbagai menu olahan di internet sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: