Totobuang merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Provinsi Maluku. Totobuang ini berasal dari kata “tabuh”. Totobuang merupakan alat musik yang terbuat dari kuningan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan dua tongkat secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Nada yang dihasilkan oleh alat musik ini juga berbeda dengan tingkat tangga nadanya masing-masing.

Alat musik totobuang ini sering dimainkan atau diiringi dengan alat musik tradisional Maluku yaitu tifa. Tifa merupakan alat musik yang terbuat dari kayu, kemudian tengahnya dilubangi pada kedua sisi. Salah satu sisi digunakan sebagai membran untuk menghasilkan suara. Membran tifa ini banyak dibuat dari kulit hewan seperti kulit sapi.

Alunan yang dihasilkan oleh kedua alat musik ini menghasilkan nada pentatonik. Kebanyakan kedua alat musik ini dimainkan pada acara pernikahan serta untuk menyambut tamu-tamu besar negara maupun manca negara yang datang ke Provinsi Maluku. Gambaran atau suasana hati yang digambarkan dalam kolaborasi antara kedua alat musik ini yaitu bahagia dan semangat.

Bagikan Dengan Sekali Klik: