Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Kusumo Aji, SH meminta praktisi humas instansi pemerintahan dapat beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi sehingga bisa menyampaikan informasi kegiatan secara akurat kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan saat mewakili Walikota Salatiga membuka kegiatan Sosialisasi Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dengan tema “Transformasi Humas Pemerintah di Era Digital” di Gedung Setda, Kamis (19/09).

“Di era digital ini, interaksi manusia secara langsung semakin menurun, manusia lebih banyak terhubung dengan gawai dan internet, sehingga muncullah berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Hal inilah yang harus disadari oleh seorang humas instansi pemerintah yang harus segera beradaptasi dengan perubahan tersebut, supaya informasi lebih cepat tersampaikan ke masyarakat,” jelas Kusumo Aji.

Kusumo Aji menambahkan bahwa humas instansi pemerintah diharapkan untuk melek teknologi informasi dan bermedia sosial untuk memberikan informasi yang akurat, akuntabel, transparan serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat luas. Apabila informasi dari pemerintah kurang tersampaikan, masyarakat mempunyai kecenderungan mencari informasi dari sumber lain yang lebih cepat dan mudah diakses

Dalam acara yang di hadiri 80 pejabat kehumasan dari seluruh instansi pemerintah baik vertikal maupun horizontal tersebut, Kusumo Aji meminta peserta untuk meningkatkan kompetensi dunia digital, membangun jaringan, menulis konten dan selalu haus akan informasi terkini. “Humas harus kreatif dan bisa berkomunikasi secara personal serta memahami tren global namun tidak mudah terbawa isu atau berita bohong (hoax),” tambahnya.

Selain Kusumo Aji, hadir pula sebagai narasummber Kepala Seksi Pelayanan Data dan Informasi Diskominfo Prov Jateng, Mashuri, ST, MM, serta Dosen IAIN Salatiga, Dr. Rifqi Aulia Erlangga.

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: