Pemerintah Kota Salatiga memberikan penghargaan kepada 150 insan olahraga yang berdedikasi dan berprestasi di Kota Salatiga. Walikota Salatiga, Yulianto, SE, MM menyerahkan penghargaan tersebut secara simbolis pada apel luar biasa dalam rangka Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas)ke-36 Tingkat Kota Salatiga tahun 2019 di Halaman Pemkot Salatiga pada Sabtu (14/9).

“Saya sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan penting dalam perkembangan olahraga di Kota Salatiga seperti KONI, atlet baik senior maupun junir, pelatih, pembina dan pengurus organisasi di masing-masing cabang olahraga dan seluruh insan olahraga. Mari kita terus optimalkan sinergitas yang baik ini, untuk semakin mengukuhkan Kota Salatiga sebagai Kota Pendidikan dan Olahraga,” kata Walikota dalam sambutannya.

Selanjutnya, Yulianto menyampaikan bahwa selain dijadikan momentum untuk meningkatkan prestasi olahraga, Haornas juga dapat dijadikan momentum untuk memasyarakatkan dan membudayakan olahraga serta mengampanyekan bahwa olahraga bisa dilakukan dengan cara sederhana, di mana saja dan kapan saja, “Dikaitkan dengan Trifungsi Kota Salatiga yang salah satunya adalah Kota Pendidikan dan Olahraga, maka seharusnya kita tidak berpuas diri dengan sebutan ‘gudangnya atlet’, tapi yang tidak kalah penting adalah mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai haya hidup sehari-hari.”

Pada kesempatan tersebut, Walikota juga menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung gerakan memasyarakatkan olahraga, Pemerintah Kota Salatiga terus berupaya memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana serta fasilitas olahraga. Sejauh ini sudah dilaksanakan renovasi Stadion Kridanggo, pembangunan lapangan olahraga di empat kecamatan, pembangunan ruang terbuka hijau serta rencana pembangunan sport center di empat kecamatan.

“Saya harap seluruh masyarakat bisa memanfaatkan dan ikut merawat fasilitas dan sarana olahraga tersebut,” ujarnya.

Secara terpisah, Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga, Muh. Adrik Sudiro, SE, MM menjelaskan bahwa 150 insan olahraga yang menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Salatiga tersebut berasal dari 16 cabang olahraga.

Penghargaan dibagi menjadi 4 kategori, kategori pertama sebanyak 30 atlet, kedua 40 atlet, ketiga 60 atlet dan keempat 20 atlet. Kategori pertama menerima uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, kategori kedua menerima uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000, kategori ketiga menerima uang pembinaan sebesar Rp 750.000, dan kategori keempat menerima uang pembinaan sebanyak Rp 500.000.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula penghargaan untuk Atlet Master atas nama Ibu Siti Fatimah yang telah meraih Juara III lari 1500 m dan Juara III lari 3000 m dalam ajang Malaysian International Open Masters Athletics Championships di Stadium University Malaya, Kuala Lumpur yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Oktober 2019 lalu.

Seusai acara seremoni, Walikota bersama Wakil Walikota Muh Haris, SS, MSi, Sekda Drs. Fakruroji, jajaran Forkopimda dan Kepala Dinas mengikuti eksibisi olahraga tradisional yaitu dagongan dan terompah panjang.

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: