Siapa nih yang gampang banget stres karena kerjaan atau tugas? Stres merupakan gangguan psikologis seseorang ketika menghadapi situasi yang membuatnya berada dalam ketidaknyamanan atau merasa tertekan. Meski stres merupakan gangguan dan kondisi umum bagi beberapa orang tentunya hal ini nggak boleh dibiarkan berlarut-larut dan disepelekan Teman Setia!

Baik dari sisi psikologis dan fisik, stres bisa menyebabkan munculnya penyakit yang berbahaya bagi tubuh Teman Setia. Mulai dari depresi hingga penurunan berat badan secara drastis merupakan efek negatif stres pada tubuh manusia bila tidak ditangani dengan tepat. Tapi Teman Setia tidak perlu pusing-pusing untuk mengurangi kadar stres dengan cara mudah, lho.

1. Berkeluh Kesah

Semua orang punya masalah tersendiri dan jarang sekali untuk berbagi dan terbuka terhadap masalahnya. Padahal dengan melepaskan keluh kesah yang kamu pikirkan kepada orang yang tepat atau psikolog dapat meringankan beban kamu bahkan kamu juga akan mendapat nasehat untuk menyelesaikan permasalahanmu.

2. Olahraga

Olahraga nggak hanya berdampak pada kesehatan secara fisik Teman Setia. Ketika kamu berolahraga, pikiranmu secara tidak sengaja akan teralihkan dan otot-otot tubuh menjadi rileks sehingga memperbaiki suasana hati. Teman Setia bisa melakukan olahraga sederhana seperti jalan santai atau bersepeda.

3. Meditasi

Berbeda dengan yoga, meditasi merupakan aktivitas untuk mengontrol pemikiran dan emosi dengan berkonsentrasi penuh sembari mengontrol pernafasan secara teratur. Melakukan meditasi selama 10-15 menit sebanyak 4-5 kali dalam seminggu bisa menenangkan pikiran Teman Setia seumpama pemikiran negatif kamu nggak bisa tersalurkan secara positif.

4. Melakukan Aktifitas Menyenangkan

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan diri lho! Mulai melakukan hobi hingga me time bisa membuatmu senang dan melupakan permasalahanmu sejenak. Selain itu otak akan mengeluarkan hormon dopamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Fokus Pada Saat Ini

Jangan terlalu lama terjebak dalam peristiwa yang telah terjadi Teman Setia, terlebih jika kejadian tersebut membuat sedih. Jalani saja hidup saat ini dan jangan mencemaskan apa yang nanti akan terjadi. Menjalani hidup dengan perasaan bahagia dan pikiran yang positif dapat memberikan pengaruh yang baik lho pada kehidupan kamu ke depannya.

6. Overthinking dan Larut Pada Masa Lalu

Meski ada baiknya kita berbalik sejenak kepada masa lalu untuk tidak mengulang kesalahan yang sama atau memikirkan langkah untuk masa depan, tentunya hal ini tidak dilakukan berlama-lama Teman Setia. Hal ini bisa membuat kita merasa stres lho! Ada kalanya Teman Setia berjalan dan fokus pada saat ini saja.

Selain keenam cara di atas tadi Teman Setia juga perlu menerapkan pola hidup yag sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok dan minum minuman berakohol, dan mendapatkan porsi tidur yang cukup. Jika beberapa cara diatas belum berhasil, kamu jangan ragu untuk datang ke psikolog atau psikiater, selalu berfikir posistif agar kamu bisa terhindar dari stres Teman Setia.

Bagikan Dengan Sekali Klik: