Teman setia, tahu nggak sih kalau berpikir positif ternyata banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu lho. Berpikir positif bukan berarti kamu mengabaikan situasi yang menyenangkan, melainkan menghadapi ketidaknyamanan dengan cara yang lebih positif dan produktif. Nih ada beberapa manfaat dari berfikir positif yang bisa kamu ketahui :  

  • Meningkatkan kemungkinan umur panjang 

Para peneliti menganalisis data dari 100.000 orang dan hasilnya adalah wanita yang optimis memiliki risiko sebanyak 30% lebih rendah meninggal karena penyakit jantung, dibandingkan dengan yang pesimis. Para wanita yang pesimis juga memiliki 23% kemungkinan meninggal akibat kanker. 

  • Memerangi depresi 

Menurut Psychology Today, pemikiran pesimis adalah salah satu faktor yang menyebabkan depresi. Terapi kognitif yang mengubah pola berpikir dapat meningkatkan perasaan seseorang, dan juga menjadi bagian utama dari pengobatan depresi. 

  • Memperkuat sistem imun tubuh 

Menurut studi di tahun 2003 pada New York Times menyatakan, berpikir negatif melemahkan respon kekebalan tubuh terhadap flu, karena adanya aktivitas listrik yang besar di bagian otak ketika berpikir negatif, sehingga dapat melemahkan respon imun terhadap flu yang diukur dengan antibodi.  

  • Mengalahkan berbagai penyakit 

Orang dengan pikiran positif akan pulih lebih cepat dari operasi, dan juga dapat mengatasi penyakit serius lebih baik, menurut Psych Central, sebuah jaringan sosial kesehatan mental yang dioperasikan oleh kesehatan mental profesional.  

  • Mengatasi stres dengan lebih baik 

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa ketika orang optimis menghadapi kekecewaan, mereka lebih cenderung untuk fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan dalam mengatasi situasi tersebut. Di sisi lain, orang yang pesimis hanya mengasumsikan bahwa situasi tersebut di luar kendali mereka dan tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mengubahnya. 

  • Membuat kamu lebih tangguh 

Orang tangguh dapat menghadapi krisis atau trauma dengan kekuatan dan tekad. Ini membuktikan bahwa berpikir positif memainkan peran terhadap ketangguhan. Ketika berhadapan dengan tantangan, orang yang berpikir positif biasanya melihat apa yang sebenarnya dapat mereka lakukan dalam menyelesaikan masalah. Para peneliti juga menemukan bahwa di tengah krisis, pikiran dan emosi positif mendorong perkembangan dan memberikan tameng terhadap depresi. 

Sumber :  https://hellosehat.com/mental/stres/manfaat-berpikir-positif-bagi-kesehatan/ 

Bagikan Dengan Sekali Klik: