Teman Setia, siapa nih yang punya hobi membaca? Membaca buku biasanya digunakan untuk mengisi waktu luang seseorang. Ada banyak jenis buku yang bisa menemani waktu luangmu seperti novel, komik, cergam, koran, dan masih banyak lagi. Selain sebagai sarana hiburan, membaca ternyata punya berbagai manfaat loh, mulai dari sisi kesehatan hingga sosial seseorang. [Dikutip dari kemdikbud.go.id] Yuk simak penjelasannya ! 

Mengurangi Stress  

Banyak orang beranggapan bahwa membaca buku justru membuat otak terus bekerja dan menimbulkan stres, padahal manfaat membaca buku adalah mengurangi stres. Membaca buku selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol.  

Menambah Wawasan dan Pengetahuan 

Dengan membaca buku dapat menambah informasi baru yang selama ini belum kita ketahui. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.  

Dapat Menstimulasi Mental 

Membaca buku diketahui dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar.  

Meningkatkan Kualitas Memor

Buat kamu yang pelupa, coba deh jadikan membaca buku sebagai hobi. Saat kita membaca kita memproses sebuah narasi dan informasi secara linier dan otak memerlukan waktu untuk mencernanya. Hal ini mampu meningkatkan memori jangka panjang. 

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi 

Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini akan melatih kita untuk dapat lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian. 

Memperluas Pemikiran Seseorang 

Seseorang yang gemar membaca buku memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan  membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu. 

Meningkatkan Hubungan Sosial 

Gemar membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia juga loh, dimana kita bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat melalui buku.  

Dapat Meningkatkan Empati Seseorang  

Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University mengatakan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang disekitar kita. 

Mendorong Tujuan Hidup Seseorang 

Membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan motivasi dalam mengatasi berbagai macam hambatan, yang nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya.  

Dapat Menambah Kosakat

Semakin banyak kita membaca buku,  akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita.  

Nah buat teman setia yang mulai suka baca buku, ada tips nih agar bisa membaca buku secara efektif  diantaranya : 

  • Pilih waktu  yang tepat , misalnya saja saat  malam hari menjelang tidur. 
  • Pilih posisi yang nyaman pada saat membaca buku. 
  • Tentukan tujuan membaca buku untuk mendapatkan hasil yang optimal.  
  • Sebelum membaca sebaiknya kita mengetahui gambaran besar tentang isi buku. 
  • Selalu fokus pada apa yang kita baca. 
  • Menjadi pembaca yang aktif, dalam artian kita bisa melakukan dialog dengan buku.  
  • Menentukan teknik dalam membaca, membaca dengan cepat, lambat, dengan nada keras, maupun membaca dalam hati. 
  • Mencatat hal-hal penting yang telah kita baca.  

Ternyata hobi membaca buku punya banyak banget manfaat kan. Nah Teman Setia, yuk mulai sekarang biasakan gemar membaca buku! 

Bagikan Dengan Sekali Klik: