Teman setia, Biji semangka bisa dikonsumsi dan mengandung sejumlah mineral bermanfaat lho, rendah kalori dan padat nutrisi. Cara mengonsumsi biji semangka serupa dengan mengonsumsi biji labu dan biji bunga matahari. Kamu bisa menyisihkan biji semangka, mengeringkannya, dan mengonsumsinya seperti kuaci sebagai camilan atau tambahan makanan. Berikut manfaat biji semangka yang berhasil dirangkum dari liputan6.com 

  1. Bantu Turunkan Berat Badan   

Biji semangka bisa menjadi makanan diet terbaik untuk menurunkan berat badan. 1/3 cangkir biji semangka yang sudah dikeringkan memiliki 8 gram protein, 3 gram karbohidrat bersih, 13 gram lemak dan hanya 150 kalori. Protein dalam biji semangka dapat membantu penurunan berat badan lebih mudah.   

  1. Sehatkan Kulit  

Biji semangka mengandung seng dapat membantu menghambat pertumbuhan jerawat, Magnesium untuk mencegah penuaan, Antioksidan untuk memperlambat kerusakan sel dari radikal bebas, Protein dalam biji semangka akan membuat kulit tetap muda dan bercahaya. 

  1. Dukung Kekebalan Tubuh 

Ketika biji semangka dipanggang, memiliki kandungan zat besi, vitamin B dan mineral yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan Magnesium yang berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh dan  memainkan peran perlindungan dalam reaksi alergi.  

  1. Cegah Penyakit Jantung  

Biji semangka kaya akan mineral dan elektrolit yang meningkatkan kesehatan jantung. Kalium dalam biji semangka membantu menjaga cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung. Magnesium juga membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap gangguan kardiovaskular, seperti aterosklerosis, aritmia ventrikel, dan kematian jantung mendadak.   

  1. Atasi Diabetes  

Magnesium dalam biji semangka juga dapat meningkatkan kontrol glikemik dan mengurangi risiko diabetes. Biji semangka mengandung asam lemak omega-6 yang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Seng juga berperan dalam pengendalian diabetes dan memiliki efek menguntungkan pada kontrol glikemik. 

  1. Sehatkan Otak  

Magnesium dalam biji semangka dapat membantu meningkatkan daya ingat dan melawan pengurangan memori yang terkait dengan penuaan. Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa magnesium di otak dapat meningkatkan daya ingat dan bahkan mempercepat pembelajaran. Kadar magnesium yang rendah dikaitkan dengan Alzheimer. Kadar seng tertinggi dalam tubuh ditemukan di hippocampus di otak, digunakan untuk mengobati berbagai penyakit otak dan bahkan beberapa bentuk skizofrenia. Salah satu Vitamin B yang terkandung dalam biji semangka adalah niasin yang penting untuk sistem saraf. 

Sumber :  https://m.liputan6.com/hot/read/4135839/10-manfaat-biji-semangka-untuk-kesehatan-jangan-langsung-dibuang?page=2 

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: