KBRN, Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) melaui Bimbingan Masyarakat Islam menjelaskan terkait rencana pelaksanaan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1442 H pada Selasa (11/5/2021) petang di Kantor Kemenag, MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

Rangkaian sidang yang dimulai sejak pukul 17.00 WIB rencananya akan mengagendakan seminar posisi hilal yang dapat disimak masyarakat secara langsung melalui sambungan Zoom ataupun kanal YouTube Kemenag RI.

“Pengamatan hilal dilakukan pada saat matahari terbenam, jadi tidak mungkin dilakukan di sore hari,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Pantauan RRI.co.id, hingga pukul 17:00 WIB, sejumlah tamu undangan diantaranya para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam tampak terlihat mulai berdatangan. Berbagai persiapan jelang pelaksanaan sidang isbat juga sudah selesai dilakukan oleh pihak panitia. 

Masyarakat yang ingin mengikuti seminar ini secara langsung melalui Zoom dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengunjungi laman bit.ly/hilalsyawal1442.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang isbat yang hanya dihadiri undangan dan bersifat tertutup untuk umum yang rencananya akan dimulai pada pukul 18.00 WIB, yang didahului dengan menunaikan shalat maghrib.

Terakhir adalah pelaksanaan konferensi pers terkait pengumuman 1 Syawal 1442 H yang rencananya akan dilakukan pada sekitar pukul 19:15 WIB.

Bagikan Dengan Sekali Klik: