KBRN, Palangka Raya: Laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI telah melakukan pemeriksaan sampel yang berasal dari Palangkaraya dan dinyatakan positif sebagai varian B.1.617 SARS-Cov-2. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan pada 19 dan 20 Maret 2021 telah diambil sampel dari tiga pasien covid-19 yang diduga berasal varian baru virus covid-19. 

Ketiga sampel tersebut selanjutnya pada tanggal 27 Maret 2020 dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI untuk dilakukan pemeriksaan.

“Sampai saat ini pemberitahuan resmi hasil pemeriksaan dari Kementerian Kesehatan RI belum diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Suyuti melalui rilis tertulis yang diterima RRI, Minggu (9/5/2021).

Namun hasil komunikasi Kadinkes Provinsi Kalimantan Tengah dengan Kepala Laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan RI didapatkan informasi bahwa hasil pemeriksaan yang beredar melalui media sosial merupakan hasil pemeriksaan resmi. 

Menurut Suyuti hasil tersebut masih merupakan laporan pendahuluan yang dimaksudkan sebagai bahan paparan Menteri Kesehatan RI. Hasil pemeriksaan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pelacakan epidimiologis dan pemeriksaan serologis. 

“Masyarakat tidak perlu panik dengan ditemukannya varian B.1.617 SARS-Cov-2 di Kalteng. Protokol kesehatan sampai saat ini masih sangat ampuh mencegah penularan virus Covid-19 termasuk varian B.1.617 SARS-Cov-2,” ujar Kadinkes Kalteng.

Suyuti menambahkan masyarakat hanya perlu memastikan telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar serta tidak menyentuh wajah jika tidak yakin tangannya dalam keadaan bersih.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng mengatakan pada 8 Mei 2021 kemarin, Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah kembali mengirim 6 sampel pasien Covid-19 yang berasal dari Kabupaten Kapuas (empat sampel), Kabupaten Kotawaringin Timur (satu sampel) dan Kabupaten Kotawaringin Barat (1 sampel) dan hingga kini belum ada hasil pemeriksaan. (Gambar: kompas)

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: