KBRN, Jakarta: Meski gelar Bundesliga sudah di tangan, Bayern Munchen tetap tampil agresif ketika menjamu Borussia Moenchengladbach dengan melumat tim tamu 6-0 di Allianz Arena, pada hari Minggu (9/5/2021) dini hari tadi.

Gol-gol Bayern dipersembahkan oleh hattrick Robert Lewandowski sedangkan tiga gol lainnya disumbangkan oleh Thomas Muller, Kingsley Coman, dan Leroy Sane.

Bayern Munchen yang tidak ingin pesta juara mereka terganggu di laga ini langsung menerapkan permainan menyerang. Hasilnya, laga baru berjalan dua menit, Robert Lewandowski sudah membuka keunggulan ketika menyambut umpan David Alaba. Bola sempat membentur tiang, tapi Lewandowski dapat menuntaskannya dengan baik.

Gol itu menjadi catatan rekor tersendiri bagi Lewandowski, karena menjadi gol tercepatnya sejak berkarir di Jerman pada 2010 sekaligus ke-37 pada musim ini.

Munchen benar-benar tidak memberikan kesempatan kepada Gladbach untuk mengembangkan permainan. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan tuan rumah yang membuat pertahanan kocar-kacir.

Menit ke-15, Bayern Munchen kembali mengancam lewat Kingsley Coman yang menerima sebuah operan akurat di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang Monchengladbach. Sayang, usahanya hanya membentur tiang kiri gawang.

Dua menit kemudian, Robert Lewandowski kembali mendapat peluang emas, saat menyambut sebuah crossing di dalam kotak penalti dan melepaskan sundulan ke gawang.

Sayang, sundulan striker berpaspor Polandia masih melenceng sedikit ke atas mistar gawang. Skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Bayern Munchen.

Menit ke-23 giliran Thomas Muller yang menggandakan keunggulan Bayern Munchen setelah menerima umpan manis dari Jamal Musiala dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti dan melaju melewati Yann Sommer. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Robert Lewandowski kembali memperlihatkan taringnya, setelah mencetak gol untuk kali kedua usai menyambut umpan crossing matang dari Muller. Skor 3-0 untuk keunggulan Bayern Munchen.

Satu menit sebelum babak pertama pekan ke-32 Bundesliga Jerman 2020/21 berakhir, Kingsley Coman menggenapkan keunggulan Bayern Munchen menjadi 4-0 setelah tembakannya tak mampu dihalau oleh kiper Monchengladbach. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum.

Keunggulan empat gol di babak pertama tidak mengendurkan permainan Munich di paruh kedua. Skema agresif tetap diperagakan tuan rumah untuk melanjutkan pesta gol mereka di kandang.

Di lain sisi, meski mendapat serangan bertubi-tubi, Gladbach masih sempat memberikan ancaman di menit ke-54. Sayangnya, tendangan Denis Zakaria dari jarak 20 meter tidak menemui sasaran. Selang satu menit kemudian, Zakaria terlihat ragu saat ingin menendang bola, sehingga dapat dihentikan Benjamin Pavard.

Pada menit ke-65 sebuah momen kontroversial terjadi ketika pemain Monchengladbach melakukan handball di kotak penalti, namun wasit mengisyaratkan permainan terus terjadi, dan akhirnya melakukan review VAR.

Robert Lewandowski yang diberi tugas menjadi ekskutor menjalankan tugasnya dengan baik, setelah tembakan penalti tak terhentikan yang berhasil lewati Yann Sommer dan masuk ke sudut kanan bawah gawang. 5-0 Bayern Munchen unggul sementara dari Monchengladbach.

Hat-trick Lewandowski ini membuat ia kini hanya terpaut satu gol dari Gerd Muller.

15 menit menjelang berakhirnya laga, wasit mengusia pemain Bayern Munchen, Tanguy Nianzou dari permainan setelah mendapatkan kartu merah usai melakukan review VAR.

Tim tuan rumah harus bermain 10 orang. Insiden itu pun membuat noda dalam perayaan pesta Bayern Munchen yang sudah resmi ditetapkan sebagai juara Bundesliga Jerman 2020/21.

Setelah pengusiran satu pemainnya, Bayern Munchen masih mampu menambah keunggulan mereka. Kali ini lewat Leroy Sane yang menyelesaikan operan manis dari Serge Gnabry dan mengonversinya jadi gol. Skor 6-0 untuk keunggulan Bayern Munchen lima menit jelang waktu normal.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor 6-0 masih bertahan untuk keunggulan Bayern Munchen atas Borussia Monchengladbach.

Kemenangan ini tak berpengaruh untuk Bayern Munchen, karena mereka sudah memastikan gelar juara mereka tepat sebelum pertandingan ini usai pesaing terdekatnya RB Leibzig dikalahkan Dortmund sehingga tak dapat mengejar poin Munchen di sisa musim ini. (imr)

Bagikan Dengan Sekali Klik: