KBRN, Jakarta: Demi menjaga peluang mereka untuk masuk zona Liga Champions, Liverpool sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas Southamton di Stadion Anfield, Munggu (9/5/21) dini hari tadi.

Liverpool membuka skor melalui Sadio Mane di babak pertama. Thiago Alcantara kemudian mencetak gol kedua Liverpool di penghujung babak kedua.

Tak ingin malu di kandangnya sendiri, Liverpool langsung tampil menekan sejak menit awal. Dominasi permainan itu membuat Southampton lebih banyak bertahan.

Hasilnya terbukti mereka mendapat peluang pertama melalui Sadio Mane menit ke-9. Namun tendangannya masih melambung tinggi di atas mistar Fraser Forster.

Tak lama berselang, Liverpool kembali mengancam lewat Nathaniel Philips yang melepaskan sebuah sundulan apik untuk menyambut crossing dari hasil tendangan sudut. Namun bola masih melebar tipis dari tiang kiri gawang.

Pada menit ke-25 giliran Diogo Jota yang mengancam gawang Southampton. Akan tetapi, tembakannya masih bisa digagalkan Fraser Forster.

Dua menit berselang, Liverpool kembali mendapat peluang dari Giorginio Wijnaldum. Namun, sundulannya masih membentur mistar gawang.

Barulah gol yang dinanti tuan rumah hadir pada menit ke-31. Lewat operan lambung Salah, Sane yang berada di dalam kotak penalti Southampton berhasil menyambutnya dengan sundulan dan mengarahkannya ke sisi kiri gawang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Southampton mendapatkan peluang emas untuk membalas pada menit ke-44. Namun, sepakan Che Adams masih tepat ditangkapan Alisson.

Setelahnya tak ada lagi peluang tercipta. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Liverpool.

Di babak kedua Liverpool masih memegang kendali permainan. Sementara Southampton coba sesekali melakukan serangan balik.

Babak kedua  baru berjalan empat menit, Liverpool kembali mengancam lewat Jota, tetapi tembakannya masih mampu diselamatkan dengan baik Forster. Kedudukan 1-0 masih bertahan.

Enam menit berselang, Philips mendapatkan kesempatan emas, tetapi sundulan yang dilepaskannya masih meleset tipis dari samping tiang kanan Southampton.

Menit ke-68, Southampton baru mendapatkan peluang bagus. Tetapi akselerasi dari Michael Obafemi yang masuk ke dalam kotak penalti Liverpool berhasil dihentikan kiper Liverpool.

Semenit kemudian, Liverpool berbalik mengancam melalui Mohamed Salah. Namun, sepakannya dari dalam kotak penalti berhasil diblok oleh Jack Stephens.

Southampton mempunyai peluang mencetak gol melalui Ibrahima Diallo di menit ke-71. Sayagnya, tembakan volinya masih bisa digagalkan Alisson.

Alisson hampir membuat blunder di menit ke-76. Umpan pendek Liverpool itu malah mengarah kepada Che Adams dan beruntung bola sepakan Adams masih bisa diamankan oleh Alisson.

Sadio Mane sempat mencetak gol ke gawang Liverpool pada menit ke-81. Namun, gol tersebut tidak disahkan wasit karena offside.

Hingga pertandingan memasuki akhir waktu normal, tidak ada peluang bagus yang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Namun tepat di menit ke-91, Thiago Alcantara lewat aksi heroiknya berhasil menambah keunggulan untuk Liverpool menjadi 2-0 atas Southampton. Wasit memberikan tambahan waktu 4 menit.

Tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Liverpool mengunci kemenangan 2-0 atas Southampton.

Berkat kemenangan ini, Liverpool berhasil memperbaiki posisinya dan menjaga asa mereka untuk finis di posisi empat besar dengan menghuni posisi keenam dengan koleksi 57 poin dari 34 pertandingan. Sedangkan Southampton masih terpuruk di perigkat ke-16 dengan torehan 37 poin.

Bagikan Dengan Sekali Klik: