KBRN, Jakarta: Dalam lajutan pekan ke-35 Liga Premier Inggris 2020/21, Manchester City harus menunda perayaan pesta gelar juara mereka setelah menelan kekalahan dari tamunya Chelsea dengan skor 1–2 di Stadion Etihad di Manchester pada, Minggu (9/5/2021), dini hari.

Berada di puncak klasemen, kemenangan akan membawa City memastikan gelar juara. Pasalnya, tambahan 3 angka akan membuat mereka mengoleksi 85 poin yang takkan bisa dikejar peringkat kedua, MU, bahkan jika Setan Merah memenangi semua laga sisa.

Di sisi lain, The Blues juga memburu kemenangan demi mengamankan posisi di 4 besar klasemen, sekaligus naik ke posisi ketiga melangkahi Leichester.

Bermain di Etihad Stadium, Man City sempat unggul terlebih dahulu melalui Raheem Sterling di ujung babak pertama (44′), tapi Chelsea bisa membalikkan kedudukan di babak kedua lewat aksi Hakim Ziyech (63′) dan Marcos Alonso (90+2′)

Pertandingan langsung berjalan intens di 10 menit pertama. Man City menggempur dan mengurung Chelsea yang hanya bisa menunggu kesempatan serangan balik.

Manchester City menjadi pihak yang mendapatkan peluang lebih dulu lewat Benjamin Mendy di  menit kedelapan. Sayangnya, tembakannya dari luar kotak penalti masih melenceng dari sasaran.

Menit keempat belas, giliran Chelsea yang membuang kesempatan setelah tendangan bebas Reece James masih membentur pagar.

Tiga menit kemudian, Nathan Ake bisa saja membawa The Citizens unggul lebih dulu. Namun, sundulannya memanfaatkan sepak pojok  masih melambung.

Kedua tim pun terus bertukar serangan. Namun, ketatnya pertahanan masing-masing membuat tak banyak muncul peluang berarti.

Menit ke-32, Chelsea akhirnya sukses mencetak gol lebih dulu lewat aksi Timo Werner. Sayangnya, gol tersebut kemudian dianulir wasit karena offside.

Hanya 3 menit berselang, Man City harus ikut-ikut gigit jari setelah tembakan Raheem Sterling usai melakukan solo run masih bisa digagalkan penyelamatan gemilang Edouard Mendy.

Menit ke-43, giliran Ederson yang tampil gemilang. Penjaga gawang asal Brasil itu sukses membuat penyelamatan apik untuk menggagalkan upaya Hakim Ziyech.

Man City akhirnya mencetak gol pertama di menit ke-44. Lewat serangan balik cepat, umpan tarik Jesus lepas dari kontrol Aguero tapi bisa dituntaskan Sterling. 

Dua menit berselang, Man City mendapatkan peluang menggandakan keunggulan dari titik putih. Aguero maju sebagai algojo, tapi gagal total dengan penalti panenka yang terlalu lemah berhasil diamankan Mendy.

Skor 1-0 untuk kemenangan Manchester City atas Chelsea pun bertahan hingga turun minum.

Usai turun minum, pertandingan dimulai kembali dengan lebih seimbang. Chelsea lebih banyak menyerang, Man City tampak sedikit kehilangan tempo.

Lima menit babak kedua berjalan, Timo Werner mendapat kesempatan untuk membawa Chelsea menyamakan kedudukan. Namun, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Semenit kemudian, Aguero lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang untuk City. Tembakannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Mendy.

City terus mencoba memburu gol kedua guna memastikan raihan gelar juara Liga Inggris, tapi sejumlah upaya mereka lewat Jesus dan Mendy tak membuahkan hasil. Di sisi lain, upaya Chelsea lewat Ziyech dan Pulisic juga gagal menembus lini belakang The Citizens.

Hingga menit ke-60, Chelsea masih terus mencoba menekan Man City. Serangan-serangan Chelsea cukup rapi, tapi belum bisa membelah pertahanan tuan rumah.

Menit ke-63, upaya Chelsea akhirnya membuahkan hasil. Serangan dibangun dari belakang, Ziyech menerima operan Azpilicueta dari sisi kanan untuk melepas tembakan mendatar ke sudut kanan bawah membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Gol ini membuat Chelsea kian percaya diri. Menit ke-73, umpan silang James nyaris disambut Werner dan jadi gol kedua.

Butuh mencetak gol kedua demi menyegel gelar juara, Pep Guardiola melakukan pergantian dengan menarik Sergio Aguero serta Ferran Torres dan memasukkan Phil Foden serta Ilkay Gundogan.

Di sisi lain, Thomas Tuchel juga melakukan perubahan dengan memasukkan Callum Hudson-Odoi menggantikan Ziyech.

Menit ke-78, Chelsea sukses mencetak gol kedua lewat Timo Werner untuk berbalik unggul. Sayangnya, gol ini akhirnya dianulir karena offside.

Hanya beberapa menit kemudian, The Blues kembali harus gigit jari setelah gol Callum Hudson-Odoi juga dianulir karena offside.

Menit ke-87, Sterling tampak terjatuh di kotak penalti usai berduel dengan Zouma. Namun, wasit menilai tak ada pelanggaran sehingga tak memberikan penalti.

Di masa injury time, The Blues akhirnya berhasil berbalik unggul. Menerima assist Timo Werner, Marcos Alonso yang menerobos ke kotak penalti sukses menjebol gawang Ederson lewat tendangan kaki kanan.

Gol ini sekaligus menutup pertandingan. Wasit pun meniup peluuit panjang. Skor 2-1 untuk kemenangan Chelsea.

Kekalahan ini tak menggoyahkan posisi City di puncak, namun memaksa mereka menunda pesta juara mereka sedikit lebih lama lagi, sedangkan Chelsea meraup 3 poin penting dalam persaingan mengamankan zona Liga Champions dan naik ke posisi ketiga klasemen sementara.

Meski demikian, City masih bisa memastikan gelar juara pada, Minggu (9/5/2021), malam, dengan catatan Manchester United kalah dari Aston Villa.

Bagikan Dengan Sekali Klik: