KBRN, Jakarta: Pemimpin klasemen Manchester City akan menjamu peringkat empat Chelsea pada pekan ke-35 Premier League 2020/21, pada hari Sabtu (8/5/2021). 

Berlangsung di Etihad Stadium, laga ini menjadi pemanasan sebelum melakoni partai final Liga Champions (UCL) 2020/21, karena kedua tim menciptakan partai pamungkas All English Final usai sama-sama mengalahkan lawan-lawannya di semifinal.

The Citizens menaklukkan PSG dengan agregat skor 4-1, hingga membuat Pep Guardiola kian nafsu meraih titel juara yang tertunda selama 10 tahun karier kepelatihannya, dan mereka sudah pasti juara Liga Inggris musim ini buat Kevin de Bruyne dkk sulit dihentikan.

Satu-satunya nilai minus di Manchester City ialah potensi absennya Eric Garcia.

Meski demikian, nama-nama besar seperti Riyad Mahrez, Ruben Dias, Phil Foden, Fernandinho, dan pemain yang akan hengkang, Sergio Aguero, masih dalam keadaan prima.

Di sisi lain, kubu tamu juga memiliki kans yang sama yakni ingin menang di laga ‘pemanasan’ ini.

Meski baru ditukangi Thomas Tuchel pada paruh musim kedua, The Blues justru superior mengalahkan tim sekaliber Real Madrid dengan agregat skor 3-1.

Rekor terbaik dari tim bermarkas di Stamford Bridge sendiri terlihat ketika lakoni 11 laga tak terkalahkan dengan tiga kali imbang dan delapan kali menang dari segala kompetisi.

Sayangnya, mereka tak diperkuat Mateo Kovacic yang malah cedera.

Manchester City dan Chelsea sudah bertemu dua kali musim ini, yakni di pekan ke-17 Premier League dan di babak semifinal FA Cup.

Manchester City mengalahkan Chelsea yang masih dilatih Frank Lampard dengan skor 3-1 di Stamford Bridge.

Manchester City unggul 3-0 lewat gol-gol Ilkay Gundogan, Phil Foden, dan Kevin De Bruyne, sedangkan Chelsea hanya bisa menipiskan selisih skor lewat gol Callum Hudson-Odoi.

Setelah itu, dalam partai semifinal FA Cup yang digelar di Wembley, Chelsea besutan Thomas Tuchel mengalahkan Manchester City 1-0 melalui gol tunggal Hakim Ziyech.

Kali ini, mereka akan bertarung di Etihad Stadium dengan tekad menang yang sama-sama kuat.

Manchester City membidik gelar juara Premier League, sedangkan Chelsea bertekad membuka jalan untuk finis di papan atas.

Bagi Manchester City, kemenangan akan memastikan mereka jadi juara liga dengan tiga laga tersisa.

Sementara itu, bagi Chelsea, kemenangan akan semakin memuluskan jalan mereka untuk finis di empat besar.

Dengan kata lain, Manchester City maupun Chelsea pasti sama-sama tak mau kalah.

Manchester City selalu menang dalam 3 laga kandang terakhirnya melawan Chelsea di Premier League, yakni 1-0 musim 2017/18, 6-0 musim 2018/19, dan 2-1 musim 2019/10.

Di atas kertas, Manchester City sangat diunggulkan dalam pertandingan kali ini, namun dengan datangnya Tuchel menjadi pelatih kepala Chelsea, The Blues dipastikan akan memberikan perlawanan yang sangat sengit, karena penampilan Chelsea jauh lebih baik dan berkembang di bawah asuhan Tuchel.

Musim ini, Manchester City dan Chelsea masih akan bertemu di final Liga Champions, yang akan digelar di Istanbul pada 29 Mei 2021. (Miechell Octovy Koagouw)

Bagikan Dengan Sekali Klik: