KBRN, Jakarta: Beredar video radar penerbangan yang mengangkut warga negara asing (WNA) China. Klaim tersebut beredar di media sosial, salah satunya diunggah akun Facebook Faiz Aqasa.

Dalam video tersebut, perekam menampilkan radar lima penerbangan, dengan narasi suara yang menyatakan terdapat penerbangan malam yang berisi WNA China.

Dalam video tersebut terdapat narasi suara sebagai berikut:

“Seumur-umur ya saya baru melihat pola seperti ini penerbangan semaunya ke arah timur beriringan, ada satu dua tiga empat lima enam, beriringan ke arah timur beriringan berada di utara pulau jawa ada di laut jawa yang saya khawatirkan isinya warga negara asing yang mau dipindah barus masuk wilayah negara Republik Indonesia ini baru lihat seperti ini, kalau hari normal selama pandemi yang berlangsung ini tidak pernah saya lihat kejadian seperti ini, kalau jam segini rata-rata sudah sepi kosong di sini ada satu beriringan”

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“HASIL PANTAUAN RADAR PENERBANGAN KEMARIN MAKASSAR DISERBU IMIGRAN ASENG CHINA‼️SIAP2 KITA PERANG DENGAN CINA”!

Direktur Utama AirNav Indonesia, M. Pramintohadi Soekarno menegaskan, informasi di dalam video yang menampilkan rekaman radar dengan narasi yang menyatakan terdapat penerbangan malam yang berisi warga negara asing tersebut merupakan kabar bohong atau hoaks.

“Video tersebut berisi rekaman radar yang menampilkan penerbangan di utara Pulau Jawa pada Rabu (5/5/2021) dini hari.

AirNav memastikan rekaman tersebut bukan merupakan tampilan Air Situation Display (ASD) pada Air Traffic Control (ATC) System AirNav baik di Surabaya, Makassar, Denpasar maupun Jakarta.

Pramintohadi menjelaskan, dalam video tersebut perekam menampilkan 5 penerbangan yang ditengarai olehnya berisi warga negara asing. AirNav memastikan bahwa pernyataan tersebut adalah tidak benar.

Bagikan Dengan Sekali Klik: