KBRN, Jakarta: Arab Saudi dilaporkan akan melarang kembali masuknya jamaah haji dari luar negeri tahun ini. Kasus corona (Covid-19) yang naik menjadi penyebab.

Dua sumber Reuters menyebut jamaah haji domestik saja yang akan diperbolehkan melakukan ibadah tersebut. Itupun, mereka harus sudah divaksinasi atau pulih dari Covid-19 setidaknya enam bulan.

“Pembatasan juga akan diterapkan ke usia peserta,” kata salah satu sumber, dikutip Jumat (7/5/2021).

Awalnya, pemerintah masih mengizinkan jamaah luar negeri yang sudah divaksin masuk. Namun kebingungan soal kemanjuran vaksin membuat para pejabat berfikir ulang.

Sejumlah vaksin memang sudah diberi otorisasi penggunaan darurat oleh WHO. Namun beberapa, seperti vaksin asal China, belum mendapat pengakuan lembaga ini secara langsung dan rencananya baru akan dilakukan akhir bulan ini.

Virus corona juga mengalami mutasi dan membentuk varian baru. Sejumlah vaksin yang awalnya efektif disebut kurang mampu mencegah varian baru yang muncul.

Jika aturan benar berlaku, ini akan jadi tahun kedua, jamaah asing tak bisa pergi ke Tanah Suci. Sebelum corona menyerang, sekitar 2,5 juta orang hadir setiap tahunnya untuk mengunjungi situs paling suci Islam di Makkah dan Madinah, sekitar US$ 12 miliar pendapatan untuk Arab.

Bagikan Dengan Sekali Klik: