KBRN, Jakarta: Setahun belakangan ini, wabah virus corona atau covid-19 tidak ada habisnya menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bahkan sudah banyak perubahan yang terjadi di dalam hidup kita. Salah satu perubahan yang begitu terasa adalah suasana Ramadan yang berlangsung di Indonesia. 

Pemerintah dan pemuka agama sepakat untuk menyerukan seluruh umat Muslim agar tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan tidak memperbolehkan mudik. 

Hal ini tentu sangat menyedihkan, sebab kita harus menunda segala rencana yang sudah kita buat. Walaupun hari raya di tengah pandemi, kamu jangan khawatir, karena ada banyak hal yang bisa dilakukan walaupun hanya di rumah saja.

Berikut tips menikmati hari raya Idul Fitri di rumah aja bersama keluarga:

1. Mendekor ruangan

Agar anda tidak bosan dengan suasana di rumah yang sangat monoton. Anda juga bisa lho menyiapkan dekorasi ruangan bernuansa lebaran.

Hal itu bisa anda lakukan dengan bekerja sama bersama keluarga anda. List barang-barang apa saja yang dibutuhkan, kemudian anda bisa mencari referensi dekor di internet yang sesuai dengan selera keluarga anda.

Jangan lupa! ajak anggota keluarga anda untuk berpatisipasi dalam kegiatan ini.

2. Membuat Kue 

Tidak ada alasan untuk tidak membuat kue walaupun lebaran di rumah aja. Karena anda hanya di rumah aja, malah anda jadi bisa sepuasnya membuat kue lebaran. Anda dapat mencoba membuat kue lebaran sesuai dengan seleara anda, tutorialnya juga bisa anda liat di internet.

3. Silahturahmi Virtual

Momen meminta maaf tentu tidak boleh terlewat walaupun anda merayakan lebaran di rumah aja. Jika anda tidak bisa bertemu keluarga kamu, seperti orang tua, anak atau sanak saudara, kamu bisa memanfaatkan teknologi tanpa harus mudik.

Dengan cara video call, diharapkan rasa rindu bisa berkurang di hari raya lebaran. Walaupun pasti terharu, tapi cara ini menjadi satu-satunya cara yang fleksibel saat pandemi masih mewabah.

4. Movie Time

Di rumah aja pasti bikin kamu merasa bosan dan mati gaya. Yuk, siapkan alat-alat yang mendukung untuk membuat ruangan ala-ala seperti di bioskop, siapkan film yang menarik, dan tentunya ajak anggota keluarga anda untuk menonton film bersama.

Ketika menonton film anda juga bisa memakan cemilan/kue lebaran yang sudah kamu buat tadi lho, Menarik bukan?

5. Fokus Beribadah

Adanya virus corona ini membuat kita menjadi dekat dengan sang pencipta. Lebaran menjadi momen yang tepat untuk banyak merenungkan diri dan fokus beribadah. Dengan merenungkan diri diharapkan kita dapat menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya dan jangan lupa berdoa agar virus corona ini segera berakhir. 

Bagikan Dengan Sekali Klik: