KBRN, Jakarta: Jose Mourinho hanya membuang sedikit waktu untuk mencari pekerjaan baru setelah pemecatannya di Tottenham Hotspur.

Pelatih asal Portugal itu akan memimpin Klub Italia, AS Roma mulai 2021-22 dengan kontrak tiga tahun.

Dalam pernyataan yang dirilis di situs resmi klub pada hari Selasa (4/5/2021), presiden klub Roma, Dan Friedkin dan wakil presiden Ryan Friedkin, mengatakan, bahwa Mourinho akan mengambil peran sebagai penerus Paulo Fonseca di Stadion Olimpico setelah melakukan kesepakatan dengan manajer asal portugal itu hingga tahun 2024.

“Kami sangat senang dan senang menyambut Jose Mourinho ke dalam keluarga AS Roma,” kata Dan Friedkin dilansir dari laman resmi AS Roma, Selasa (4/5/2021).

“Seorang juara hebat yang telah memenangkan trofi di setiap level, Jose akan memberikan kepemimpinan dan pengalaman yang luar biasa untuk proyek ambisius kami. Penunjukan Jose merupakan langkah besar dalam membangun budaya kemenangan jangka panjang dan konsisten di seluruh klub,” tutup pernyataan resmi itu.

Pelatih berusia 58 tahun itu belum lama dipecat oleh Tottenham pada 19 April 2021 lalu, dengan mantan manajer Chelsea dan Manchester United itu gagal meyakinkan performa Spurs baik di Liga Premier maupun di eropa.

Usai kepergian Fonseca dari AS Roma, ada beberapa nama yang dikaitkan dengan klub ibukota Italia tersebut.

Namun kandidat yang paling kuat dikaitkan dengan Il Lupi adalah Maurizio Sarri.

Akan tetapi, AS Roma beberapa saat yang lalu resmi mengumumkan pengganti Fonseca, yaitu pada sosok Jose Mourinho akan dipercaya menjadi nahkoda Giallorossi yang baru.

Mourinho pun sudah sepakat menangani Il Lupi musim depan dan kabarnya akan diikat dengan kontrak yang cukup panjang, yaitu hingga 2024 mendatang.

Mourinho, pria yang membawa Inter meraih kejayaan Treble di tahun 2010, dan telah memenangkan 25 trofi utama selama karirnya hingga saat ini mengatakan bahwa dia berharap untuk menikmati lebih banyak kesuksesan di ibu kota Italia.

“Terima kasih kepada keluarga Friedkin karena telah memilih saya untuk memimpin klub hebat ini dan menjadi bagian dari visi mereka,” ujar Mou dilansir dari laman resmi AS Roma, Selasa (4/5/2021).

“Setelah pertemuan dengan pemilik dan Tiago Pinto, saya segera memahami sepenuhnya ambisi mereka untuk AS Roma. Itu adalah ambisi dan dorongan yang sama yang selalu memotivasi saya dan bersama-sama kami ingin membangun proyek yang menang di tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

“Semangat luar biasa dari para penggemar Roma meyakinkan saya untuk menerima pekerjaan itu dan saya tidak sabar untuk memulai musim depan,” sambungnya.

“Sementara itu, saya mendoakan yang terbaik untuk Paulo Fonseca dan saya berharap media menghargai bahwa saya hanya akan berbicara lebih jauh pada waktunya. Daje Roma!” pungkasnya.

Mourinho adalah satu dari hanya tiga manajer yang memenangkan Liga Champions dengan dua klub berbeda – Porto dan Inter – dan telah mendapatkan gelar domestik di Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol.

Tiago Pinto, manajer umum Roma, menambahkan, ketika Jose Mourinho tersedia, semua kesempatan segera diambil.

“kami segera mengambil kesempatan untuk berbicara dengan salah satu manajer terhebat sepanjang masa,” kata Pinto dilansir dari laman resmi AS Roma, Selasa (4/5/2021).

“Kami terpesona oleh keinginan Jose untuk menang dan hasratnya pada permainan. Tidak peduli berapa banyak trofi yang telah dia menangkan, fokus utamanya selalu pada yang berikutnya. Dia memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kepemimpinan untuk bersaing di semua level. Kami tahu bahwa untuk membangun proyek olahraga yang sukses, dibutuhkan waktu, kesabaran, dan orang yang tepat di posisi yang tepat. Kami sangat yakin bahwa Jose akan menjadi pelatih yang sempurna untuk proyek kami, baik untuk masa depan segera maupun jangka panjang kami. Bersama dengan visi dan ambisi Dan serta Ryan Friedkin, kami akan membangun pondasi AS Roma yang baru,” pungkasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Bagikan Dengan Sekali Klik: