KBRN, Jakarta: Kapten kapal berkewarganegaraan India yang sebelumnya berlabuh di Dumai dinyatakan positif COVID-19 sedangkan 22 Anak Buah Kapal (ABK) lainnya yang juga berkebangsaan yang sama, dinyatakan negatif.

Gubernur Riau, Syamsuar, memastikan, kapten kapal yang sudah berstatus terkonfirmasi itu sudah dilakukan uji usap atau swab test. Kemudian hasil usap dari kapten kapal berkewarganegaraan India itu, telah dikirim ke Jakarta.

“Kebetulan pasien ini dari luar negeri, tepatnya India. Perlu memang pemeriksaan. Dan hasil swabnya dikirim ke Jakarta,” kata Gubri, Senin (3/5/2021) seperti dikutip dari Antara.

Menurut Gubernur Riau, alasan pengiriman hasil uji swab ke Jakarta, sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus COVID-19 varian baru. Pasalnya menurut mantan Bupati Siak ini penyakit dari kapten kapal berkebangsaan India itu, tergolong berat dan harus dirawat di ruang ICU.

“Sekarang lagi dirawat, pasien ini tergolong berat, sudah dirawat di ruang ICU. Karena labor kita belum bisa mendeteksi virus varian baru. Makanya dikirim ke Jakarta,” papar Syamsuar.

Seperti diketahui India telah melaporkan sejumlah kasus varian COVID-19 yang mulanya muncul di Inggris, di Afrika Selatan dan di Brazil. India mencatat 47.262 infeksi baru dalam sehari, tertinggi sejak awal November, sehingga jumlahnya mencapai 11,7 juta kasus. (foto: Antara)

Bagikan Dengan Sekali Klik: