KBRN, Jakarta: Dua gol Lionel Messi mampu selamatkan Barcelona dari kekalahan dan menjaga peluang mereka untuk meraih gelar juara musim ini setelah sukses mengalahkan Valencia dengan skor tipis 3-2 di Estadio Mestalla, pada hari Senin (3/5/2021) dini hari WIB. 

Usai sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Gabriel Paulista, Barcelona mengamuk dengan mencetak tiga gol, dua di antaranya dicetak Lionel Messi, dan satu gol diciptakan Antoine Griezmann. Valencia sempat menipiskan jarak berkat gol Carlos Soler.

Pertandingan baru berjalan 6 menit, Barcelona sudah memiliki kesempatan emas lewat aksi Pedri saat melepaskan tembakan ke arah gawang, namun masih melebar dari jauh di kanan gawang Valencia.

Enam menit berselang, Ronald Araujo mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas. Namun penyelamatan gemilang dari Jasper Cillesen membuat gawang Valencia tetap terjaga. Kedudukan masih 0-0.

Usai peluang itu, tempo permainan cukup lambat diperagakan kedua tim. Valencia lebih memilih menunggu tim tamu yang unggul dalam penguasaan bola.

Tepat pada menit ke-20, Goncalo Guedes mendapatkan kesempatan emas setelah gerakan tipuannya sukses mengelabui pemain bertahan Barcelona dan memberikan umpan kepada Jose Gaya.

Sayang, umpan dari Guedes yang dimanfaatkan Jose Gaya dengan melepaskan sebuah tembakan keras ke arah gawang masih melebar tipis dari tiang kanan gawang Barcelona.

Sebelas menit berselang, giliran Lionel Messi yang melepaskan tembakan dari jarak 25 meter, namun masih melambung tipis ke atas gawang, dan masih belum mampu mengubah papan angka.

Lima menit sebelum jeda, Antoine Griezmann memperoleh peluang emas. Berdiri dalam posisi bagus dalam kotak penalti, eks penyerang Atletico gagal menerima operan setelah bola melenceng jauh.

Meski Barcelona lebih mendominasi permainan, akan tetapi pasukan Ronald Koeman gagal mencetak gol hingga pertandingan memasuki jeda turun minum.

Kembali dari kamar ganti, justru Valencia yang sukses memecah kebuntuan lebih dulu pada menit ke-50. Umpan sepak pojok dari Soler tak bisa diantisipasi dengan baik oleh Marc-Andre ter Stegen. Gabriel pun menyundul bola ke gawang yang sudah kosong.

Unggul 1-0 tak membuat Valencia mengendurka serangan. Kali ini melalui usaha Thierry Correia yang melepaskan bola dari dalam kotak penalti, namun masih belum berhasil menambah keunggulan tim tuan rumah setelah tendangannya melenceng jauh ke atas.

Hanya enam menit berselang, Barcelona mendapat hadiah penalti usai Toni Lato dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Usai meninjau VAR, keputusan wasit tetap tak berubah.

Eksekusi penalti yang dilepas Messi masih mampu dimentahkan oleh Jasper Cillessen. Sebuah kemelut pun sempat tercipta di muka gawang sebelum La Pulga mencocor bola menjadi gol. Skor kini sama kuat 1-1.

Tujuh menit kemudian, Barcelona sukses membalikkan kedudukan pada menit ke-63 berkat gol Griezmann. Sundulan Frenkie de Jong masih bisa digagalkan Cillessen, tetapi bola rebound langsung disambar Griezmann menjadi gol.

Tim tamu semakin di atas usai Messi mencetak gol keduanya pada menit ke-69 untuk membawa Barca memimpin 3-1. Eksekusi free kick indah yang dilakukan La Pulga meluncur mulus menjadi gol tanpa bisa dihentikan Cillessen.

Valencia membuka asa untuk bisa menyamakan kedudukan, setelah tembakan jarak jauh Carlos Soler yang menerima umpan Christian Oliva melesat fantastis ke sudut kiri atas gawang Barcelona. Skor berubah menjadi 2-3 dan harapan tim tuan rumah mencuri poin dari Barcelona terbuka lebar.

Tak ada gol tambahan dari kedua tim di sisa pertandingan. Skor 3-2 untuk kemenangan Barcelona pun menjadi hasil akhir dari laga ini.

Berkat kemenangan ini, Barcelona tetap menduduki peringkat tiga dengan poin 74, menyamai poin dari Real Madrid di peringkat kedua dan menjaga jarak dua poin dari sang pemuncak, Atletico Madrid. Sementara itu, Valencia menduduki peringkat 14 dengan poin 36.

Bagikan Dengan Sekali Klik: