KBRN, Jakarta: Pernyataan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang menyebut aparat TNI dan Polri harus menumpas kelompok kriminal bersenjatan (KKB) di Papua, sementara urusan HAM belakangan, sempat menuai reaksi. Menyangkut sikapnya itu, ia sempat diprotes sejumlah pihak.

Politisi Nasional RI Ferdinand Hutahaean menegaskan, pernyataan Bambang Soesatyo patut didukung. Sebab, kekerasan dan kejahatan kelompok Kriminal Bersenjata di Papua yang telah dikelompokkan oleh BIN dan pemerintah sebagai teroris, memang sudah saatnya dipukul keras. 

“Jangan lihat mereka sebagai kelompok yang setara dengan negara dan harus diajak berunding. Negara tidak berunding dengan kelompok kriminal dan teroris,” kata Ferdinand, Kamis (29/4/2021).

“Mereka adalah pelanggar HAM sesungguhnya maka terhadap pelanggar HAM seperti Teroris KKB ini memang sudah patut kita mengesampingkan HAM atas mereka. Jika mereka mau dihargai HAM nya, maka mereka harus menghargai HAM pihak lain,” tambahnya.

Diketahui, pernyataan tegas Ketua MPR Bambang Soesatyo yang meminta Pemerintah mengerahkan kekuatan penuh TNI untuk menumpas gerakan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua pasca gugurnya Kabinda Papua.

“Bambang Soesatyo yang meminta Negara dalam hal ini pemerintah untuk mengerahkan kekuatan penuh menumpas KKB sudah benar dan tepat,” ujarnya.

“Ini nasionalisme dan patriotisme yang patut kita semua berdiri bersama-sama dalam satu pemikiran dan satu suara,” pungkasnya.

Bagikan Dengan Sekali Klik: