KBRN, Jakarta: Viral tagar #ResignModi di Facebook saat India semakin parah tsunami Covid-19. 

Mengutip Wallstreet Journal, Kamis (29/4/2021), tagar yang mendorong Perdana Menteri India Narendra Modi mengundurkan diri itu sempat diblokir Facebook.

Warganet Facebook di India lari ke Twitter untuk mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap pemblokiran tersebut. 

Pengguna Facebook yang menelusuri tagar itu akan mendapatkan pesan yang mengatakan “sementara disembunyikan” karena “beberapa konten dalam unggahan tersebut bertentangan dengan Standar Komunitas kami”.

Pada Rabu malam waktu setempat, tagar tersebut dapat diakses lagi di Facebook dan juru bicara Facebook mengkonfirmasi hal tersebut. 

“Kami untuk sementara memblokir tagar ini karena kesalahan, bukan karena pemerintah India meminta kami, dan sejak itu kami memulihkannya,” ujar juru bicara Facebook.

Pemblokiran tagar #ResignModi di Facebook terjadi setelah Twitter menghadapi kritik, karena menghapus lebih dari 50 tweet kiritikan, sesuai perintah pemerintah India. 

Facebook dan Instagram telah memblokir sejumlah unggahan tentang Modi atas perintah pemerintah.

Tagar Facebook #ResignModi yang sekarang dipulihkan menunjukkan kengerian pandemi Covid-19 di India, di mana rumah sakit dipenuhi korban meninggal dan sekarat. 

Negara itu mengalami lonjakan kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu mencapai 360.000 kasus virus corona setiap hari.

Bagikan Dengan Sekali Klik: