KBRN, Jakarta: Tidak hanya di kawasan Jabodetabek, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan membantu pembuatan e-KTP untuk transgender di Dukcapil seluruh Indonesia.

“Dukcapil seluruh Indonesia akan membantu teman-teman transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Bagi yang sudah merekam data, caranya harus diverifikasi dengan nama asli dulu. Pendataannya tidak harus semua ke Jakarta,” Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh dalam keterangan pers Pusat Penerangan Kemendagri, Sabtu (24/4/2021).

“Di daerah masing-masing juga bisa dibantu oleh dinas dukcapil setempat. Termasuk untuk dibuatkan KTP-el sesuai dengan alamat asalnya,” sambung Zudan.

Zudan yang menyampaikan lewat rapat virtual Direktorat Jenderal Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri dengan Perkumpulan Suara Kita tersebut mengatakan, saat ini telah mengumpulkan data 112 transgender tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) belum memiliki dokumen kependudukan. 

“Yang penting kita koordinasi agar diberikan kemudahan, data 112 orang sudah terkumpul bisa di WA ke saya,” sebutnya.

Bagi transgender yang pernah terdata dan punya KTP lama, Dukcapil akan melakukan verifikasi data tersebut di database. Bila cocok KTP-el terbaru akan dicetak.

Terkait surat pindah dan akta kelahiran, Zudan menyarankan dapat diurus secara online atau via WhatsApp di dinas dukcapil setempat.

Bagikan Dengan Sekali Klik: