KBRN, Jakarta: Mulai hari ini pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengubah masa berlaku hasil tes bebas Covid-19 RT-PCR, dan Antigen untuk persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). 

Sebelumnya berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1×24 jam. Aturan ini berlaku untuk keberangkatan mulai 24 April – 5 Mei 2021 dan 18 Mei – 24 Mei 2021. Adapun untuk hasil negatif GeNose C19 masa berlaku tetap 1×24 jam. 

“Aturan tersebut mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal penanganan pencegahan Covid-19,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chaerunisa, saat dihubungi, Sabtu (24/4/2021). 

Dengan Kebijakan tersebut, Eva selaku pihak PT KAI Daop 1 mengimbau, pengguna yang akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dapat mengatur waktu perjalanannya dengan baik. 

“Jika memilih melakukan Tes GeNose atau Rapid Antigen di Stasiun maka tidak melakukan proses tersebut pada jam yang berdekatan dengan waktu keberangkatan,” ujar Eva. 

Eva menyebut, di wilayah Daop 1 Jakarta terdapat 3 Stasiun yang memiliki layanan pemeriksaan covid-19 untuk penumpang KA, diantaranya Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki layanan GeNose Test dan Rapid Antigen. 

Lainnya Stasiun Bekasi dengan layanan yang tersedia GeNose Test. Adapun Jam Operasional layanan di Stasiun setiap hari mulai pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB.

Bagikan Dengan Sekali Klik: