KBRN, Jakarta: Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid berharap agar masyarakat Indonesia mendukung apapun hasil atau keputusan yang akan dibahas di  ASEAN Leaders Meeting (ALM) 2021.

Hal itu ia tegaskan ketika muncul pro dan kontra kedatangan Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing yang turut hadir di ALM 2021, Sabtu (24/4/2021).

“Masyarakat Indonesia dan ASEAN perlu mendukung pelaksanaan acara ini, dan mendukung keputusan yang dihasilkan dari ALM 2021,” katanya dalam keterangan yang diterima RRI.co.id, Sabtu (24/4/2021).

Ia juga berharap agar ASEAN dapat memberikan solusi konkret bagi Myanmar.

“Kami harapkan negara negara ASEAN dapat memberikan jalan terbaik dan konkret sehingga kekerasan di Myanmar dapat segera dihentikan,” ujar Meutya.

Untuk itu, ia mengaku sangat mendukung penuh  agenda yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi ini. ASEAN Leaders’ Meeting sendiri akan berlangsung pada Sabtu, (24/4/2021) hari ini.

“Kami DPR mendukung pelaksanaan ASEAN Leaders’ Meeting.  Dimana agenda ini merupakan inisiatif Presiden Joko Widodo untuk bersama sama mencari solusi menyelesikan krisis di Myanmar,” sebut Meutya.

Untuk diketahui, ASEAN Leaders Meeting diselenggarakan pada Sabtu, 24 April 2021, sebagai respon akan kondisi konflik di Myanmar pasca kudeta oleh Junta Militer bulan Februari 2021. Pro Kontra muncul sejak  kabar kehadiran Jenderal Min Aung Hlaing hadir dalam ALM tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan, Presiden Joko Widodo dipastikan akan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Para Pemimpin ASEAN khusus membahas krisis di Myanmar, Sabtu (24/4/2021), di Jakarta.

“Partisipasi pada level Presiden tersebut telah di komunikasikan kepada pihak Brunei dan dengan demikian Presiden kita akan hadir dalam pertemuan tersebut,” ungkap Faizasyah ketika dihubungi RRI.co.id, Rabu (21/4/2021) kemarin.

Bagikan Dengan Sekali Klik: