KBRN, Jakarta: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan kembali memantau langsung lagi proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402.

Selain Panglima, Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan akan ada KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang turut memantau dari KRI Suharso.

“Bapak KSAL sudah berangkat menuju KRI Suharso. Dan, Bapak Panglima TNI dan Kapolri juga akan berangkat ke sana untuk mengikuti proses pencarian secara langsung,” kata Riad dalam pers konferens di Bali, Jumat (23/4/2021) pagi.

Ia juga mengungkapkan berdasarkan laporan terakhir, KRI Rimau telah mendeteksi satu titik magnet kuat. Oleh karena itu, KRI RIgel-933 bakal diterjunkan untuk memastikan temuan KRI Rimau.

“Mudah-mudahan KRI Rigel segera merapat, (Panglima, red) akan melihat langsung dari KRI Rigel seperti pada saat melakukan pencarian Sriwijaya Air kita bisa melihat sonar bawah laut, hasilnya seperti apa, nah ini mudah-mudahan bisa memberikan gambaran jelas,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengungkapkan jika ada tabung oksigen yang disimpan di kapal selam KRI Nanggala-402.

“Ada,” katanya kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Namun, ia tidak merinci ada berapa jumlah tabung oksigen yang disiapkan di dalam kapal selam tersebut. 

Ia juga mengatakan jika ada kemungkinan baterai kapal selam cukup untuk menggunakan oksigen.

“Baterainya mungkin untuk menghidupi penggunaan oksigen saja,” paparnya.

Bagikan Dengan Sekali Klik: