KBRN, Jakarta: Laga tunda pekan ke-32 Premier League 2020/21 antara Manchester City melawan Aston Villa dilaksanakan pada Kamis (22/4/2021) dini hari WIB di Villa Park. Manchester City berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1, meski sempat bermain dengan 10 orang akibat kartu merah Stones.

Aston Villa membuat kejutan dengan gol cepat John McGinn dalam 20 detik, tapi Manchester City masih terlalu tangguh. Phil Foden mencetak gol balasan di menit ke-22 dan Rodri menggandakannya di menit ke-40.

Usai wasit meniupkan peluit dimulainya pertandingan, Aston Villa langsung membuat kejutan. Di detik ke-20, John McGinn  berhasil menjebol gawang Manchester City.

McGinn berhasil menyambut umpan manis Ollie Watkins dan melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang Man City yang dijaga Ederson. Skor menjadi 1-0 di menit pertama untuk Aston Villa.

Kebobolan cepat jelas menampar Man City. Pasukan Guardiola akhirnya kembali menerapkan gaya bermain mereka, menguasai bola dan mengurung lawan.

Menit ke-22, gol yang ditunggu-tunggu akjhirnya tiba. Lewat serangan yang dibangun dari belakang, bola tiba di kaki Bernardo Silva yang kemudian mengirim umpan tarik untuk Foden.

Setelahnya, serangan Man City kian menjadi-jadi. Foden bahkan hampir mencetak gol keduanya dua menit berselang lewat skill individu menawannya. Namun, bola sepakannya hanya melambung di atas gawang Aston Villa.

Aston Villa pun tak tinggal diam. Pada menit ke-27, Jacob Ramsey melepaskan tembakan keras yang sayangnya hanya mengenai jaring luar gawang Man City di sisi kanan.

Dominasi Man City yang terus berlanjut pun memuat The Citizens berbalik unggul di menit ke-40. Adalah Rodri yang mencatatkan namanya di papan skor lewat tandukannya.

Berawal dari umpan lambung Bernardo Silva, Rodri berhasil memenangi duel udara dan menanduk bola dengan mudah untuk menjebol gawang Emiliano Martinez. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Man City.

Pasca gol tersebut, Man City harus menerima kenyataan bermain dengan 10 orang setelah John Stones diberi kartu merah langsung. Stones dianggap melakukan pelanggaran berbahaya setelah wasit melihat tayangan ulang.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-2 menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, Man City kesulitan membangun permainan karena harus bermain dengan 10 orang. Hal ini dimanfaatkan Aston Villa untuk menekan dan menyerang.

Di menit ke-53, Douglas Luiz hampir mencetak gol dari sepakan jarak jauh. Namun, bola masih terlalu lemah sehingga dengan mudah bisa ditangkap Ederson.

Villa membuang keunggulan pemain mereka begitu saja. Cash mendapatkan dua kartu kuning beruntun dalam 10 menit pertama dan harus keluar lapangan.

Tempo pertandingan menurun sejak kartu merah Vila. Hingga menit ke-65, belum ada ancaman-ancaman berarti.

Man City semakin nyaman membawa bola. Villa tidak punya kesempatan menyerang balik, bahkan tidak bisa mencuri bola dari penguasaan Man City.

Pada menit ke-76, Ilkay Gundogan hampir mencetak gol melalui situasi tendangan bebas. Sayangnya tembakannya hanya melambung tipis di atas gawang Martinez.

Memasuki 10 menit terakhir, belum ada perubahan signifikan dalam tempo permainan. Man City tampak sangat nyaman mengurung Villa.

Namun hingga laga usai, tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-2 menjadi hasil akhir laga antara Aston Villa vs Manchester City.

Dengan kemenangan ini, mengukuhkan posisi City di puncak klasemen sementara dengan 77 poin. Kemenangan ini sangat penting bagi pasukan Pep Guardiola usai menelan dua kekalahan beruntun.

Bagikan Dengan Sekali Klik: