Ajakan GERMAS tentunya tidak bakal ada habisnya Teman Setia. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya penyakit tidak menular atau PTM akibat dari pergeseran gaya hidup dan daya konsumsi masyarakat saat ini. GERMAS ini sendiri tentunya tidak hanya dapat dilaksanakan oleh sektor pemerintahan saja, namun dari semua lapisan masyarakat dan lembaga lainnya dalam menyadarkan masyarakat akan kesehatan diri sendiri.

Puskesmas Kalicacing sendiri memiliki inovasi dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan rajin cek kesehatan lewat SATE MAS – Sabtu Sehat Bersama Germas. Adanya inovasi ini sendiri tentunya berdasarkan INPRES No. 1 Tahun 2017 mengenai GERMAS, kebutuhan masyarakat akan puskesmas, dan cakupan pelayanan yang ternyata masih di bawah target. Seperti apa sih keseruan SATE MAS ini? Dj Gita akan ditemani oleh Ibu Eka Rahnawati sebagai promotor kesehatan Puskesmas Kalicacing akan membahas inovasi ini.

via: wuling.id

YUK KENALAN DULU SEBELUM MELANGKAH LEBIH JAUH

Launching tahun 2019, program SATE MAS berusaha untuk meningkatkan cakupan dan mencoba memperbaiki pelayanan dengan mendekatkan diri ke masyarakat langsung. Mencakup dua wilayah –  Kelurahan Kalicacing dan Kelurahan Dukuh, tidak hanya dari partisipasi dan komponen masyarakat saja yang diharapkan namun juga dari kader kelurahan untuk membantu tenaga kesehatan dalam memberdayakan masyarakat.

Meski sempat jeda akibat pandemi, tentunya tidak menghalangi Puskesmas Kalicacing untuk kembali melayani masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari cakupan persentase capaian indikator pelayanan di usia produktif tahun 2018 (12,4%), tahun 2019 (15,40%), tahun 2020 (44,0%), dan tahun 2021 (90,5%). Hal ini juga menandakan bahwa adanya kegiatan SATE MAS sendiri mempermudah dan menyadarkan masyarakat dalam mengakses pelayanan puskesmas. Selain itu lewat SATE MAS dapat mencakup capaian indikator pelayanan orang dengan terduga tuberkulosis tahun 2021 (10%) dan tahun 2022 sampai dengan Bulan Oktober (97%).

‘ABCDE’ DAN KEGIATAN LAINNYA

Kegiatan SATE MAS menonjolkan kegiatan ‘ABCDE’ – bukan hafalan alfabet – serta program lintas pelayanan untuk memaksimalkan pemeriksaan. Tentunya program lintas pelayanan itu sendiri akan disesuaikan dengan kebutuhan atau program yang sedang difokuskan, contohnya stunting. Lalu apa sih kepanjangan ‘ABCDE’?

A – ktifitas fisik

B – uah dan sayur di konsumsi setiap hari

C – ek kesehatan secara rutin

D – iberikan ASI eksklusif pada bayi

E – nyahkan asap rokok

Kegiatan yang dilakukan setiap hari Sabtu ini memiliki kegiatan seperti senam bersama, mengkonsumsi buah bersama (kudapan dari puskesmas), cek kesehatan meliputi cek gula darah, tekanan darah, berat badan, tinggi badan, lingkar perut, hingga deteksi dini gangguan jiwa, pemberdayaan masyarakat, konsultasi kesehatan, dan penyuluhan kelompok dengan pendekatan keluarga.

KONSISTEN UNTUK HIDUP SEHAT

Rasanya pasti sulit kalau tidak memiliki kemauan dan kemampuan untuk konsisten hidup sehat dan bersih, Teman Setia. Apalagi lingkungan juga memengaruhi pola pikir dan pola hidup kamu nih. Tapi bukan berarti Teman Setia menyerah di tengah jalan, sebenarnya tidak susah kok untuk melakukannya. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih rumah atau jalan-jalan sebentar di sekitaran rumah, melakukan olahraga 2-3 kali seminggu, mengurangi perlahan kebiasaan buruk yang memengaruhi kesehatan, dan mulai mengkonsumsi makanan sehat.

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: