Setiap mendekati event atau adanya kenaikan suatu barang tentunya berpengaruh kepada daya beli masyarakat itu sendiri. Maka dari itu, pemerintah berupaya dalam menstabilkan harga barang demi ketenangan masyarakat. Lalu bagaimana kondisi di Salatiga sendiri? Lewat dialog interaktif ‘SALATIGA AGRO FESTIVAL’ DJ Gita ditemani dengan Ibu Endah Murjiwani selaku Sub koordinator Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga akan membahas langkah pemerintah menghadapi kenaikan harga pangan.

Tugas Pemerintah dalam Menstabilkan Harga

Adanya permasalahan kenaikan barang tentunya mempengaruhi daya beli masyarakat dan perputaran uang juga loh, Teman Setia. Contohnya saja seperti kenaikan BBM yang menjadi salah satu faktor dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Maka dari Itu pemerintah perlu menstabilkan harga supaya masyarakat tidak merasa keberatan dengan harga yang menjulang tinggi.

Tentunya kebijakan ini berdasarkan Undang-Undang No.18 Tahun 2012 tentang pangan di mana pangan merupakan kebutuhan dasar manusia serta kebijakan negara dalam mengatasi permasalahan pangan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah memberikan subsidi kepada masyarakat. Nah, di Salatiga sendiri, pemerintah bersama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga mengadakan bazar pangan murah ataupun kegiatan toko tani Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mempertahankan pilar Ketahanan Pangan: 1) Ketersediaan pangan, 2) akses terhadap pangan, dan 3) pemanfaatan pangan.

SALATIGA AGRO FESTIVAL

Kalau biasanya ‘mendempleng’ di acara Kelurahan, kali ini Dinas Pangan dan Pertanian mengadakan SALATIGA AGRO FESTIVAL yang bekerja sama dengan lumbung pangan masyarakat seperti kelompok tani dengan harga bersubsidi. Hal ini dilakukan juga untuk memutus mata rantai tengkulak selain memberikan subsidi.

Ada 50 stand booth – yang sudah diseleksi – yang akan memeriahkan festival ini, Teman Setia. Mulai dari tanaman hias seperti anggrek, bibit sayuran dan buah bersubsidi, hingga pakan ternak. Festival ini dimulai dari tanggal 9 – 11 Desember di halaman pemkot dan DPRD, dari pukul 08.00 – 20.00. Mumpung ada kesempatan seperti ini, ayo cus langsung buat belanja Teman Setia!

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: