Dialog Interaktif dengan tema yang diangkat “Mengenal Germas” Bersama Dinas Kesehatan Kota Salatiga

Siapa nih yang bawaannya mager dan tukang rebahan? Apalagi selama dua tahun terakhir, pandemi memaksa kita untuk melakukan kegiatan secara online atau secara hybrid untuk mencegah klaster-klaster baru. Akibat dari kurangnya gerak dan pembatasan yang ada ternyata meningkatkan khasus penyakit tidak menular, lho Teman Setia. Khususnya untuk kaum muda – pemuda – pemudi jompo dengan segala permasalahan tubuh yang padahal umurnya masih muda.

Tapi jauh sebelum pandemi menyerang, di tahun 2016, pemerintah meluncurkan program Germas untuk mencegah meningkatnya penyakit tidak menular akibat kurangnya gerak seperti stroke, hipertensi, penyakit ginjal, hingga diabetes. Maka dari itu, untuk menyadarkan kembali masyarakat untuk hidup sehat, kali ini DJ Sheina ditemani dengan Bapak Sunaryo Sridono, S.Kep, M.Kes akan membahas tentang Germas.

APA ITU GERMAS?

Meski globalisasi membawa dampak positif terhadap perkembangan dunia, tentunya ada juga dampak negatif di dalamnya. Contohnya seperti makanan hingga gaya hidup yang tidak sehat. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dirancanglah Germas – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang sehat. Tentunya pemerintah juga memberi fasilitas dan rancangan program bagi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Untuk mendapatkan hidup yang sehat enggak susah kok Teman Setia. Ada 7 langkah penting dalam menjalankan Germas untuk pembiasan pola hidup sehat yang bisa dilakukan , antara lain:

1. Melakukan aktivitas fisik

Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang malas melakukan aktivitas fisik. Baik itu berupa aktivitas bekerja atau pun olahraga. Disarankan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik yang sederhana seperti berjalan kaki ketika ke warung terdekat, senam atau jogging ringan sekitaran 20-30 menit. Hal tersebut dapat membantu metabolisme tubuh Teman Setia.

2. Makan Buah dan Sayur

Makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh kita. Kurangi atau hindarilah makanan dan minuman seperti junk food, bobba, dan soda. Lakukanlah “isi piringku” adalah pengganti konsep 4 sehat 5 sempurna. Program “isi piringku” dalam hal ini untuk masyarakat agar lebih memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

3. Tidak Merokok

Berhenti merokok merupakan bagian penting dari Germas. Kesadaran untuk berhenti merokok tentunya patut diacungi jempol karena asap rokok tentunya tidak hanya berdampak kepada perokok-nya saja, tapi juga bagi perokok pasif dan polusi udara. Dari data yang dirilis oleh kementerian Kesehatan biaya yang dihabiskan untuk pengobatan penyakit akibat merokok sebesar lebih dari 10Trilliun per tahun.

4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok, baik itu bagi Kesehatan dan juga efek sosial pada orang-orang di sekitarnya. Dampak kepada kesehatan adalah selain merusak pencernaan, alkohol juga bisa berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh karena dapat menyebabkan peradangan di lambung (gastritis), tukak lambung, penyakit asam lambung, atau bahkan kanker di saluran pencernaan. Dampak kepada kehidupan sosial adalah dengan tidak terkontrolnya pikiran karena akohol sehingga menyebabkan keributan bahkan perkelahian sehingga membuat orang tersebut dijauhi dan tidak disenangi oleh masyarakat.

5. Melakukan Cek Kesehatan Berkala

Melakukan cek Kesehatan tidak hanya pada saat sakit saja. Teman Setia, bisa melakukan rutin ketika pemerintah melakukan program pemeriksaan kesehatan secara gratis. Lalu apa saja manfaat yang akan anda dapatkan ketika melakukan cek Kesehatan sejak dini?

-Pengecekan berat badan dan tinggi secara rutin nyatanya dapat membantu Teman Setia untuk mengetahui nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) apakah berat badan dan tinggi badan Teman sudah ideal atau berisiko terkena penyakit tidak menular

-Cek Lingkar Perut Secara Berkala dengan melakukan pengecekan terhadap lingkar perut untuk mengontrol lemak perut, karena jika berlebihan dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, diabetes hingga serangan jantung.

-Cek Kadar Gula Darah Berkala dapat mengetahui kadar glukosa dan darah dengan jenis pengecekan Kesehatan berkala ini, agar Teman Setia dapat mengetahui potensi diabetes.

-Cek Fungsi Mata Telinga agar dapat mengetahui penyakitnya dan segera mencari solusinya.

-Cek Kolesterol Tetap berperan penting untuk membentuk lipoprotein dan dibawa ke aliran darah.

Kolesterol dibagi menjadi tiga:

  1. Low-density lipoprotein atau LDL (Kolesterol Jahat)

Kolesterol jenis ini berfungsi untuk membawa kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh. Namun bila kadar LDL terlalu tinggi dapat mengendap dan membentuk plak di dinding pembuluh darah yang menghambat peredaran darah.

  • High-density lipoprotein atau HDL (Kolesterol Baik)

Berfungsi untuk mengembalikan kolesterol berlebih ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh, kolesterol ini bersifat antidioksida dan antiinflamasi yang mampu mencegah peradangan.  Teman Setia perlu meningkatkan jenis kolesterol ini untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

  • Trigliserida

Meski terdengar awam, kolesterol ini ternyata merupakan jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia yang berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh, Teman Setia. Sama seperti kolesterol LDL, kadar trigliserida tentunya harus di jaga supaya tidak menimbulkan penyakit.

-Cek Arus Puncak Ekspirasi merupakan salah satu jenis cek kesehatan dalam pengujian fungsi paru. Pengecekan ini biasa dilakukan pada penderitaan asma atau penyakit lainnya untuk menilai kemampuan paru-paru.

-Cek dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim biasanya dilakukan dengan pemeriksaan berkala seperti Test PAP SMEAR dan Test IVA

https://dinkes.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/deteksi-kanker-servik-dengan-metode-iva-75#:~:text=Inspeksi%20Visual%20Asam%20Asetat%20(%20IVA,spesifitas%20sekitar%2064%2D98%20%25.

-Cek Sadari Periksa Payudara Sendiri (SADARI) pemeriksaan secara mandiri atau dengan beberapa cara https://mayapadahospital.com/news/cara-periksa-payudara-sendiri-untuk-deteksi-dini-kanker-payudara

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan dapat dilakukan dengan skala kecil seperti memilih sampah yang bisa di daur ulang dan non daur ulang. Hal ini guna mengurangi resiko kesehatan seperti mencegah per kembangan faktor penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

7. Menggunakan Jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.

MANFAAT GERMAS DAN OLAHRAGA YANG TEPAT

Gaya hidup sehat tentunya memberikan banyak manfaat, Teman Setia, seperti peningkatan kualitas kesehatan, peningkatan produktivitas seseorang hingga meminimalisir resiko terkena penyakit yang dapat menyebabkan pengeluaran besar yang tak terduga.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukan proporsi penduduk Indonesia usia lebih dari 10 tahun yang kurang melakukan aktivitas fisik jumlahnya meningkat dari 26,1 % pada 2013 menjadi 33,5% pada 2018. Maka dari itu masyarakat disarankan untuk melakukan olahraga yang dilakukan secara benar dimulai dengan pemanasan termasuk peregangan selama 5-10 menit, latihan inti 20-60 menit, dan diakhiri dengan pendinginan 5-10 menit.

Selain senam Teman Setia bisa mengkombinasikan jenis olahraga sesuai dengan kebutuhan Teman Setia sendiri.

Ada 4 jenis olahraga seperti:

Endurance untuk meningkatkan detak jantung yang meliputi latihan sirkuit, berenang, jogging atau lari, bersepeda dan aerobik.

Strength untuk melatih otot yang meliputi squat, lunges, plank, push up, and sit up.

Balance untuk melatih keseimbangan tubuh dengan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan berat badan kemudian angkat kaki lainnya ke samping atau ke belakang. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian dengan rentang waktu 30 detik.

Flexibility untuk melenturkan otot yang tegang yang meliputi latihan hip flexor/quad stretch untuk meregangkan otot pinggul, quads, hamstrings, Butterfly Stretch untuk meregangkan otot leher, hamstrings, punggung, paha, lutut dan Quadriceps untuk meregangkan otot bagian depan dan samping paha.

Teman setia, mari kita mendukung GERMAS untuk membantu pemerintah menerapkan pola hidup sehat dan menyejahterakan masyarakat kita.

Bagikan Dengan Sekali Klik: