Teman setia, siapa nih yang suka membaca? Kemampuan dan keterampilan seseorang dalam berbahasa meliputi membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan sehari-hari. Nah untuk membantu masyarakat dalam melatih kemampuan berbahasa Perpustakaan Kota Salatiga sekarang bertransformasi atau berubah ke arah yang lebih baik lho, jadi seluruh masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan perpustakaan.

Perpustakaan Salatiga memiliki upaya menggugah minat baca melalui transformasi dan inovasi apa aja sih? Berikut diantaranya :

1. Laliga yaitu layanan peminjanan buku online yang bekerjasama dengan Ojek Online Salatiga (OSAGA). Nah, masyarakat gak perlu datang ke perpustakaan nih, masyarakat bisa meminjam melalui aplikasi osaga dengan gratis

2. E-paper, masyarakat bisa menginstal aplikasi kompas id dengan menghubungkan wifi otomatis bisa terhubung dengan kompas online loh

3. Ada juga E-salatiga, Salatiga Mobile Diary, E-journal, UCS

4. Pojok Baca Digital (POCADI) di MPP smart yang ada di mall pelayanan publik dengan bentuk perpustakaan hybrid dengan adanya koleksi buku elektronik dan manual yang terdaftar.

Jenis perpustakaan apa aja sih yang ada  di daerah salatiga? Ada 4 yaitu :

1. Perpustakaan umum, perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum.

2. Perpustakaan khusus, perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi yang bertujuan untuk menunjang kegiatan yang ada di kantor atau instansi dimana perpustakaan itu berada.

3. Perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan mengawetkan  bahan pustakanya untuk menunjang pendidikan atau pengajaran dan penelitian masyarakat.

4. Perpustakaan sekolah, perpustakaan yang ada di sekolah baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai sekolah lanjutan seperti perguruan tinggi.

Gimana sih jadi anggota perpustakaan? Simak caranya berikut :

1. Siswa, mahasiswa dan umum

2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan

3. Menunjukkan tanda pengenal asli yang masih berlaku

4. Mencantumkan nomor telepon dan alamat email aktif.

Nah, gampang banget kan cuma dengan 4 cara diatas masyarakat bisa menjadi anggota perpustakaan. Membaca dan menulis itu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, jadi jangan malas membaca ya teman setia!

Bagikan Dengan Sekali Klik: