Teman setia! Siapa yang suka banget sama kol goreng nih? Walau beberapa orang yang menghindar untuk mengonsumsi sayuran ini karena dapat menyebabkan kencing bau. Tapi siapa sangka kalau mengubahnya menjadi kol goreng dapat menggugah selera kita karena rasanya menjadi gurih dengan tekstur lembut yang jadi gampang dikunyah. Namun hal ini harus diperhatikan lho Teman Setia, meski enak di lidah ternyata dapat berbahaya untuk kondisi tubuh Teman Setia!

  1. Menambah jumlah kalori

Kol merupakan sayuran dengan rendah kalori karena sebanyak 92 persen kandungannya adalah air. Hal ini berbanding terbalik kalau Teman Setia menggorengnya. Kol akan menyerap minyak dan menyebabkan kalori pada kol goreng menjadi tinggi.

  1. Merusak kandungan nutrisinya
Via: sehatq.com

Kol kaya akan serat dan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, serta mineral seperti kalsium, fosfor, dan mangan. Nah, kalau Teman Setia menggorengnya dengan suhu tinggi otomatis kandungan yang bermanfaat akan rusak dan hilang. Teman Setia lebih baik mengolahnya dengan cara mengukus, merebus, dan menumis sayuran untuk menjaga nutrisi dan lebih sehat.

  1. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

Penggunaan minyak goreng berlebihan dan berulang dapat mengubah struktur kimia minyak menjadi lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Plak ini akan menghambat aliran darah dan bisa mengakibatkan stroke, penyakit jantung, hingga serangan jantung. Wih serem banget ya Teman Setia!

  1. Meningkatkan risiko kanker

Apa Teman Setia tau kalau Kol memiliki kandungan senyawa antikanker yang disebut sulphoraphane? Senyawa ini dapat menghambat enzim histone deacetylase yang berperan dalam perkembangan berbagai jenis kanker. Dalam proses pengolahan kol goreng justru memicu pembentukan acrylamide yang bersifat karsinogenik yang berperan dalam perkembangan kanker rahim, ovarium, paru-paru, ginjal, dan kerongkongan.

Waduh serem banget ya Teman Setia! Yuk mulai sekarang makan makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat!

Sumber : hellosehat.com

Bagikan Dengan Sekali Klik: