Teman setia, siapa nih yang punya kucing di rumah ? Kucing merupakan hewan yang manja dan sangat menggemaskan. Tapi di balik sifat manjanya itu, kucing dapat membawa penyakit yang perlu kita waspadai dan menular ke manusia yang sering disebut penyakit zoonosis. Salah satu penyakit yang bisa menular ke manusia adalah toxoplasmosis yang sudah tersebar di seluruh dunia dan tidak hanya pada kucing saja.

Toxoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma gondii. Parasit ini dapat ditemukan pada kotoran kucing, sayuran, dan buah-buahan yang tidak dicuci bersih atau daging yang belum matang.

Kucing dianggap sebagai sumber utama penularan toxoplasma karena dalam tubuh kucing, toxoplasma bisa berkembang biak dengan baik dengan cara seksual dan non seksual. Nah, pada hewan lain toxoplasma hanya berkembang biak dengan non seksual. Toxoplasma bisa ada di kucing karena si kucing punya naluri berburu burung atau tikus sehingga secara parasite bisa berpindah ke kucing dan terjadilah siklus toxoplasmosis.

Meski begitu, tidak semua kucing membawa parasite penyebab toxoplasmosis. Parasite ini masuk melalui makanan mentah, misalnya daging kambing, domba, atau babi yang terinfeksi toxoplasmosis.

Pada dasarnya toxoplasmosis tidak menyebar antar manusia, namun penyakit ini perlu diwaspadai terutama oleh ibu-ibu atau calon ibu. Kondisi tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan janin terhambat, cacat pada janin, keguguran, hingga kematian janin.

Tanda kucing terkena toxoplasma biasanya  terlihat pada kucing muda dengan gejala berupa nafsu makan turun, demam, muntah, nafas melambat, kekunungan pada selaput lendir, mulut, hidung, dan alat kelamin. Sedangkan pada kucing dewasa umumnya tidak menunjukkan gejala.

Toxoplasmosis bisa dicegah dengan beberapa cara yaitu :

  1. Mencuci tangan dan peralatan yang benar setelah mencuci daging mentah
  2. Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi
  3. Jangan  minum air mentah dan susu mentah
  4. Hati hati mengadopsi kucing liar
  5. Jangan memelihara kucing baru saat hamil
  6. Gunakan sarung tangan saat berkebun hindari kontak dengan kotoran kucing
  7. Untuk pemilik kucing : beri makan kucing dengan makanan jadi atau makanan yang dimasak matang
  8. Bersihkan secara teratur kotoran kucing setiap hari
  9. Letakkan litter box / kotak pasir kotoran di luar ruangan saat tidak digunakan.

Karena toxoplasma merupakan pentakit yang bersifat zoonosis dan mempunyai akibat yang sangat fatal, maka kita harus memperhatikan higiene dan sanitasi kandang, alat, dan yang paling penting adalah higiene sanitasi personal (orang) baik untuk yang tidak memiliki kucing dan terlebih bagi pemilik kucing.

Bagikan Dengan Sekali Klik: