Siapa sih yang tidak merasa malas karena kerepotan saat ingin mengurus pencatatan sipil? Mulai dari harus melapor ke kepolisian ketika surat-surat akta menghilang atau rusak hingga harus menggunakan calo untuk mengurusnya memang memakan waktu. Tapi apakah itu benar? Kali ini DJ Icha akan berbincang-bincang dengan Ibu Nana Diana akan membahas permasalahan dalam pelayanan Disdukcapil Kota Salatiga supaya Teman Setia tidak bingung.

Dasar Hukum Pelayanan Disdukcapil

Dalam melakukan proses pencatatan, tentunya harus didasari peraturan, Teman Setia. Lalu apa saja peraturan yang mendasari Disdukcapil dalam melaksanakan tugasnya?

  1. Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 yang diubah menjadi Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
  2. PP No. 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2006 dan UU No. 24 Tahun 2013.
  3. Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2018.
  5. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan.

Apa Saja Pelayanan Pencatatan Sipil?

Pengurusan penukaran E-KTP. Cr: twitter dukcapil

Tentunya semua surat keterangan mulai dari lahir hingga kita meninggal bakal diurus oleh Disdukcapil Teman Setia karena memang tugas mereka sebagai pencatat peristiwa-peristiwa penting dalam hidup kita. Mulai dari akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian (non muslim), akta kematian, hingga pengurusan pembatalan dan pembetulan akta. Teman Setia dapat mengecek persyaratan dalam pengajuan di website disdukcapil.salatiga.go.id pada bagian produk layanan.

Selain itu Teman Setia bisa mengisi formulir online yang tersedia dengan mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan pelayanan online. Setelahnya ketika hendak mengambil dokumennya, Teman Setia jangan lupa untuk memberikan bukti berupa SMS/e-mail pemberitahuan dan hardcopy dokumen kelengkapan yang diupload. Teman Setia juga bisa menghubungi via Whatsapp atas nama Mbak Risa 0895 3647 77219 (untuk menanyakan tentang berkas akta kematian, akta perkawinan, dan akta perceraian) dan atas nama Mas Gading 0557 1310 3587 (untuk menanyakan tentang berkas-berkas keperluan.

Jadi Teman Setia tidak perlu menggunakan calo dan merasa enggan untuk mengurus dokumen pribadi karena proses pembuatannya cepat, maksimal 3 hari. Sudah bisa proses online dan cepat bukan Teman Setia. Bagi Teman Setia yang masih penasaran apa saja yang dibicarakan tentang permasalahan terkait dokumen-dokumen pribadi bisa menonton ulang PODCASS via Facebook di sini.

Bagikan Dengan Sekali Klik: