Teman Setia suka melakukan kegiatan gardening? Baik berkebun atau menanam pepohonan merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress selama pandemi yang berlanjut ini. Tapi apa Teman Setia kadang bingung memilih tanaman yang ingin ditanam untuk mempercantik rumah? Teman Setia bisa memilih lidah mertua karena mudah dalam perawatannya dan bisa dijadikan tanaman hias indoor atau pun outdoor. Selain menjadi tanaman hias, tanaman yang memiliki nama lain snake plant ini memiliki banyak manfaat untuk kita.

Seperti tanaman hidup pada umumnya, lidah mertua dapat menjadi alat filter alami untuk menyaring udara sekitar dan pemasok oksigen. Teman Setia bisa meletakkan tanaman ini di dapur atau tempat yang memiliki sirkulasi udara yang buruk sebagai tanaman indoor atau menanamnya di halaman rumah supaya polusi dari jalanan tidak mengganggu sebagai tanaman outdoor. Uniknya, lidah mertua menjadi salah satu segelintir tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari,.

Karena ‘kekuatan’ tanaman ini dalam menyaring udara, ternyata penyakit dan alergi yang disebabkan oleh polutan beracun seperti CO2, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene bisa ditangkal oleh tanaman ini. Terlebih NASA sendiri sudah melakukan penelitian terhadap tanaman-naman penyaring udara

Ternyata banyak barang-barang elektronik yang ada di rumah kita memancarkan radiasi dan berpengaruh buruk untuk kesehatan kita dalam jangka waktu lama. Maka dari itu untuk mengurangi paparan radiasi ini, kita bisa meletakkan lidah buaya di meja ruang keluarga atau meja kerja dan belajar dimana kita menghabiskan waktu dengan bermain gadget.

Menanam lidah mertua ternyata mampu meringankan Sick Building Syndrome (SBS) yang merupakan gangguan psikologis karena tidak sehatnya lingkungan gedung seperti ventilasi yang buruk hingga munculnya lumut di tembok. Gangguan ini dapat menyebabkan sakit kepala, mual, hingga alergi. Selain itu meletakkan lidah buaya di meja belajar atau meja kerja dapat meningkatkan kreatifitas kita dalam mengerjakan tugas.

Bagikan Dengan Sekali Klik: