Penyakit jantung dan  pembuluh darah (kardiovaskuler), yang merupakan sebuah penyakit yang menyangkut jantung da pembuluh darah itu sendiri mengalami gangguan, ada beberapa jenis penyakit jantung, dintaranya adalah :

  • Hipertensi, yaitu peningkatan tekanan darah. Penyakit Jantung Koroner, terjadi akibat penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah dijantung. Gejaal untama dari penyakit ini adalah nyeri dada yang dapat disertai dengan sesak napas, nyeri yang menjalar ke lengan kiri. Factor resiko yang mengakibabkan penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, obesitas, jarang melakukan aktivitas fisik, dll.
  • Stroke, dapat disebut sebagai “serangan otak” yang disebabkan kurangnya darah yang mengalir ke otak yang terkadangmenyebabkan pendarahan di otak.
  • Penyakit Jantung Bawaan, jenis ini merupakan penyakit jantung yang ditemuakn sejak lahir atau bayi, yang paling sering dijumpai adalah kebocoran katup jantung. Gejala dari penyakit ini adalah berupa sesak dan terlihat mebiru saat menangis, menyusu, bengkak di sekitar mata dan tungkai, serta badan tidak bertambah.
  • Infeksi Jantung (Endokarditis), merupakan suatu infeksi pada lapisan dalam jantung. Gejala dari penyakit ini adalah berupa demam, denyut jantung tidak teratur, sesak napas, bengkak diperut atau tungkai, dan batuk-batuk.
  • Gagal Jantung, merupakan suatu penyakit kegagalan otot jantung untuk mempompakan darah secara memadai keseluruh tubuh. Gejala dari penyakit ini adalah sesak napas semakin berat saat beraktivitas, berbaring, tungkai bengkak, dan perut membesar. Gagal jantung ini biasanya disebabkan karena penyakit jantung koroner, infeksi, atau adanya keleinan katup jantung.
  • Aritmia, merupakan gangguan irama jantung yang menyebabkan denyut jantung tidak normal. Gejala dari aritmia ini adalah jantung berdebar-debar, rasa tidak nyaman didada, sesak napas,sensasi melayang, bahkan hingga pingsan. Biasnya aritmia ini disebabkan oleh kelainan bawaan, adanya otot jantung yang mati karena penyakit jantung koroner, konsumsi alcohol atau kafein yang berlebihan stress atau efek samping obat tertentu.

Cara mencegah penyakit jantung :

  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, rendah gula, dan rendah lemak.
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari paparan asap rkook.
  • Memeriksa tekanan darah, gula darah, dan kolestrol secara berkala.
  • Melakukan Latihan fisik, seperti jogging, bersepeda, dan berenang setidaknya 30 menit setiap harinya.
Bagikan Dengan Sekali Klik: