Manfaat apa yang diperoleh apabila seseorang mampu mengendalikan media digital dengan baik?

Manfaat yang didapatkan oleh seseorang apabila media digital yang dimiliki dapat dikendalikan dengan baik, antara lain:

  1. Memudahkan komunikasi

Dengan adanya media digital sangat untuk dioperasikan dan untuk komunikasi jarak jauh dengan orang lain semakin lebih cepat.

  • Mendapatkan informasi lebih cepat

Apabila sesorang membutuhkan informasi jarak jauh, maka dia akan bisa langsung mendaptkan informasi secara langsung.

  • Memudahkan pencari kerja

Seseorang bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan secara langsung menggunakan media digital dan juga seseorang bisa melamar pekerjaan secara jarak jauh tanpa langsung datang ke tempat perusahaan.

  • Mengurangi biaya dan juga mempersingkat waktu

Dengan adanya media digital, tugas-tugas bisa lebih cepat untuk dikerjakan dan tidak perlu untuk membuang-buang waktu.

  • Tempat menuangkan kreatifitas

Media digital saat ini menyediakan berbagai platform untuk membuka kesempatan bagi para creator atau pelaku seni untuk mereka berkarya menggunakan media sosial.

  • Memudahkan transaksi perbelanjaan

Dengan adanya media digital, seseorang dapat melakukan transaksi perbelanjaan secara online. Berbagai produk barang atau jasa dapat dipasarkan atau dibeli dengan menggunakan media digital.

Bagaimana cara untuk mengetahui keaslian atau tidak asli (hoax) dari suatu berita?

Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengetahui keaslian atau tidak dari suatu berita, antara lain:

  1. Memperhatikan sumber berita dan pastikan dari media yang terpercaya

Sebuah berita dinyatakan valid apabila berita itu disampaikan atau disiarkan dari sumber yang jelas seperti dari Lembaga-lembaga penyiaran yang telah resmi dan diakui oleh pemerintah. Apabila pada bidang artikel web, sumber dan media yang terpercaya berasal bukan dari website-website yang dikelola pribadi contohnya blogspot.

  • Memperhatikan narasumber

Narasumber terpercaya merupakan narasumber yang berasal dari bidang yang ditekuni berdasarkan dengan kebutuhan berita tersebut.

  • Memperhatikan gambar yang menjadi pelengkap berita

Banyak gambar yang ditempatkan sebagai identitas berita tidak sesuai dengan isi berita yang ada. Dari hal tersebut bisa diragukan keaslian dari isi berita tersebut.

  • Membandingkan dengan informasi di situs lain

Berita atau info yang diberikan bisa dibandingkan dengan situs-situ berita yang telah terpercaya.

Apakah peran media sosial dapat membantu perkembangan suatu usaha? Dengan adanya perkembangan teknologi yang terjadi pada zaman sekarang ini dan mempermudah pekerjaan manusia, maka dengan adanya sosial media yang membantu perkembangan suatu usaha. Media sosial merupakan suatu media sangat efektif yang bisa dapakai oleh para pelaku untuk mempromosikan usaha yang dimiliki, karena pada kenyataannya hampir semua orang telah memiliki media sosial sehingga mereka dapat mengenali usaha yang dimiliki oleh rekan atau kerabat mereka.

Bagikan Dengan Sekali Klik: