Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan bermunculan mulai dari garis halus, keriput, bercak atau flek pada kulit. Tidak sedikit orang yang mencoba perawatan kulit agar tetap terlihat awet muda.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap terlihat awet muda.

  1. Menjaga Pola makan sehat
    Langkah utama dan paling mudah agar tetap awet muda adalah menjaga pola makan sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti serat, vitamin dan mineral menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.
  2. Olahraga secara rutin
    Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat mencegah kulit kendur. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  3. Istirahat yang cukup
    Mencukupi waktu tidur setidaknya 7-9 jam setiap hari. Ini penting dilakukan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.
  4. Membersihkan wajah secara rutin
    Anda cukup membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan menggunakan pelembab. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar rumah.
  5. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
    Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.
  6. Mengurangi stress
    Anda perlu mengurangi stres agar tetap awet muda dan sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, misalnya dengan relaksasi, melakukan kegiatan yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.

Ada beberapa hal yang harus dihindari agar tetap terlihat awet muda

  1. Hindari merokok dan minuman keras
    Kebiasaan merokok dan minum minuman keras dapat membuat produksi kolagen berkurang, sehingga kulit akan lebih cepat kendur dan keriput.
  2. Hindari makanan siap saji
  3. Hindari Paparan sinar matahari yang berlebihan dan polusi
    Hindari paparan sinar matahari terlalu lama terutama pada siang hari dan tidak memakai tabir surya. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini secara cepat dan muncul flek hitam pada kulit akibat sinar ultraviolet dari sinar matahari. Hindari juga paparan polusi seperti asap rokok dan asap kendaraan. Efek polusi bagi kulit dapat menyebabkan penuaan dini dan iritasi kulit.
https://www.alodokter.com/cara-awet-muda-yang-selama-ini-tidak-disadari
Bagikan Dengan Sekali Klik: