Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus Bangsa,

Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus Bangsa

Membaca bisa membuat pikiran kita terbuka. Di mana kita melahap berbagai informasi dan wawasan baru. Apalagi untuk anak-anak, banyak manfaat yang didapatkan jika banyak membaca sejak dini.

Anak-anak yang sering membaca buku otaknya akan terstimulus untuk berkembang, dan kecerdasan pun akan terbentuk. Selain wawasan baru, buku juga memicu keingintahuan, dan menambah kosakata dalam tutur bicara anak. Lalu, apa lagi sih manfaat besar dari membaca buku bagi anak-anak?

1. Membangun Kemampuan Berpikir

Cerita dari bacaan buku bisa meningkatkan kemampuan nalar anak dan kemampuan memecahkan masalah. Perkembangan atensi atau perhatian, ingatan, dan konsentrasi juga akan meningkat. Anak yang sering membaca mempunyai kemampuan komunikasi yang lebih baik, karena kosakatanya yang lebih banyak. Hal ini penting untuk bekalnya bersosialisasi saat beranjak dewasa.

Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus Bangsa
Sumber foto: Liputan6.com

2. Otak Aktif dan Melatih Imajinasi

Sistem-sistem neuron pada otak saat kita membaca akan terangsang. Pengolahan semantik atau kemampuan untuk mengerti makna dari kata-kata pun menjadi lebih aktif. Dari membaca juga bisa memicu imajinasi, di mana si anak akan membangun theater of mind-nya sendiri yang bisa merangsang kreativitas.

3. Meningkatkan Prestasi

Anak yang suka membaca cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan lebih baik di semua aspek pendidikan formal. Anak yang sudah terbiasa membaca sebelum sekolah formal juga tidak akan kaget, karena sudah terbiasa membaca buku.

4. Menanamkan Nilai Moral

Buku cerita untuk anak-anak biasanya memiliki nilai-nilai positif. Dari sebuah cerita, anak akan merekam pesan moral yang kelak akan membuat dirinya menahan dari perilaku negatif. Anak pun dapat belajar untuk berperilaku baik dengan lingkungannya.

Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus Bangsa
Sumber foto: jawapos.com

Dengan besarnya manfaat buku bagi anak-anak, tentunya hal ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia ke depannya. Di mana mereka yang merupakan generasi penerus bangsa, akan menciptakan masa depan negara yang baik. Tapi untuk mendapatkan kualitas anak yang baik, tentunya perlu dipastikan tumbuh kembangnya juga baik.

Dikutip dari Kompas.com (2019), ternyata minat dan kebiasaan membaca di Indonesia itu rendah. Tapi hal ini karena kurangnya akses dan tidak meratanya persebaran jumlah buku untuk daerah terpencil. Dan 34% sekolah dasar di Indonesia tidak memiliki perpustakaan (Republika.co.id, 2020).

Hal ini berdampak bagi anak-anak saat masuk sekolah, karena mereka tidak memiliki dasar yang tepat untuk berkembang. Minimnya akses terhadap buku yang berkualitas juga menyebabkan anak-anak jadi kurang percaya diri dan kemampuan wawasannya terbatas.

Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus Bangsa
Sumber foto: Kompas.com

Dari Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), hasil penelitian memperlihatkan ada korelasi antara akses dengan kebiasaan. Anak-anak Indonesia sebenarnya bisa membaca, hanya saja tidak memiliki akses untuk mendapatkan buku yang berkualitas.

Para pegiat literasi pun melihat bahwa minat baca cukup tinggi, tapi itu potensi yang belum mewujud jadi perilaku, kebiasaan, dan budaya. Anak-anak di daerah perbatasan atau daerah Timur perlu usaha lebih untuk menikmati buku yang berkualitas, baik karena kurangnya rumah baca atau perpustakaan, serta jumlah buku yang terbatas.

Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus Bangsa
Sumber foto: Dok. Gramedia – Benih Baik

Melihat kondisi ini, kita harus bergerak agar generasi penerus bangsa ini mudah mendapatkan akses buku bacaan! Yuk, lakukan hal ini bersama Gramedia dan BenihBaik lewat program #LebihBaikMembaca.

Program galang dana di mana hasil donasi yang terkumpul akan dibelikan buku-buku dan disumbangkan ke rumah baca dan sekolah informal yang berlokasi di perbatasan dan Indonesia Timur.

Manfaat Besar Baca Buku Bagi Anak-Anak Penerus BangsaDonasi Sekarang!

Yuk, kita sama-sama dukung program ini agar anak-anak Indonesia bisa terus membaca, kamu bisa ikut kontribusi dengan cara:

  1. Klik gambar di atas atau masuk pada link berikut (#LebihBaikMembaca) dan jika sudah masuk ke halaman link baru, klik “Donasi Sekarang”.
  2. Isi Nominalnya.
  3. Pilih Metodenya. Lebih praktis DONASI lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, Sakuku dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit.
  4. Share galang dana ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan.

Tentunya, supaya program ini berjalan dengan lancar, kami sangat butuh bantuan dari kamu semua, kami ingin anak-anak di Indonesia punya akses untuk bisa membaca buku.

Berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat berarti untuk anak-anak Indonesia mendapatkan akses buku yang berkualitas. Yuk, mari kita sama-sama cerdaskan anak Indonesia melalui program #LebihBaikMembaca.


Sumber foto header: Dok. Gramedia – Benih Baik

,

Kesulitan mendapat buku yang berkualitas pada anak-anak di daerah timur Indonesia dan perbatasan menjadi dasar untuk pengumpulan donasi membantu mereka.

, , Gramedia, {authorlink}, https://www.gramedia.com/blog/manfaat-besar-membaca-buku-bagi-anak-anak-penerus-bangsa/, https://www.gramedia.com/blog/rss/, Review Buku Gramedia,

Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

, https://www.gramedia.com/blog/favicon.png, Artikel Siaran – Gramedia.com/RSS, 6369, Mei 6, 2021, 6:03 pm

Bagikan Dengan Sekali Klik: