Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku Fiksi,

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku Fiksi

Hai, Grameds! Genre buku yang biasa kamu baca atau kamu suka apa nih? Jenis buku karangan penulis-penulis hebat ada banyak sekali ya. Genre tersebut memang ada bermacam-macam supaya kamu jadi nggak bosan dan bisa memilih berbagai tema yang beragam.

Untuk di buku sendiri, secara garis besar ada dua kategori utamanya, yaitu fiksi dan non-fiksi. Fiksi ditulis berdasarkan imajinasi dan pemikiran penulisnya, sedangkan non-fiksi berisi fakta dan kejadian yang benar.

Buku fiksi ini mempunyai beberapa jenis atau genre turunan lagi. Jenis buku yang biasa masuk ke fiksi mencakup beberapa genre, yaitu:

1. Romantis

Genre buku ini sering banget nih kita temuin di toko buku dan paling banyak diminati orang. Umumnya mengangkat kehidupan sehari-hari atau slice of life dengan sentuhan drama yang penuh cinta. Penulisan kata-katanya juga ada yang begitu puitis dan romantis sehingga membuat kita bisa ikutan kesemsem, baper, sampai senyum-senyum sendiri.

Contoh buku romantis dan bisa kamu cicip baca ada di Antares.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Berawal dari pertemuan yang klise, Zea, anak baru dan gadis berparas cantik serta penuh teka-teki, secara terpaksa harus berurusan dengan Ares, ketua geng motor Calderioz. Ini bukan sekadar cerita tentang ketua geng motor yang bertemu gadis lugu, polos, dan perhatian, lalu muncul kasmaran. Zea adalah gadis yang kuat namun menyimpan sejuta rahasia yang ia tutup rapat hingga satu persatu rahasia terungkap.

Novel ini berdasarkan cerita Wattpad yang sudah dibaca lebih dari 42 juta kali, serta menduduki peringkat pertama Wattpad Fiksi Remaja. Sebentar lagi adaptasi serialnya yang dibintangi oleh Angga Yunanda dan Beby Tsabina akan hadir.

Novel romantis lainnya yang bisa kamu baca adalah 15:08.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Ceye merasakan arti sayang saat menjalin hubungan dengan Ladin, walaupun kesibukan menjadi rintangan bagi mereka. Ceye dan Ladin sama-sama cuek dan tidak sadar kalau Vania, fotografer terbaru Anchorbolt sedang menjalankan misi rahasia bersama Rama, mantan anggota Anchorbolt yang berniat untuk menghancurkan pasangan itu, dan band Anchorbolt yang sedang diganyang menjadi band indie nomor satu di Bandung.

2. Fanfiction

Sebenarnya ini adalah cerita yang berasal dari “imajinasi fans”. Biasanya memiliki karakter dari artis-artis seperti anggota boyband, band, aktor, dan lainnya. Ceritanya juga umum dengan slice of life dan masih menggunakan dunia, konsep, karakter dan beberapa aspek cerita asli dari karakter idola yang dijadikan tokoh di dalamnya.

Contoh salah satu novel fanfiction terbaru ada di My Brainiac Boyfriend.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Lagi dari Wattpad dan merupakan fanfiction Kim Namjoon atau RM dari boyband korea paling hits, BTS. Namire Jooniearth, pria jenius ber-IQ 148 yang hidup dalam presisi dan profesionalitas. Soal asmara pun, ia punya 1001 kriteria standar pasangan idamannya. Namun, bagaimana jadinya jika ia harus ditemukan dengan Skylar, gadis cantik yang terkadang suka lemot dan membuat Namire Jengkel dengan tingkahnya setiap hari?


Baca juga: Rekomendasi Novel Adaptasi Wattpad yang Paling Banyak Dibaca


3. Science Fiction (Fiksi Ilmiah)

Perpaduan fiksi dan sains ilmiah yang ceritanya terbangun pada dunia modern penuh teknologi maju dan biasanya mengambil latar masa depan. Tentunya, kemajuan pengetahuan yang canggih ini belum ada di dunia nyata. Jadi imajinasi serta kreatifitas penulis tentunya sangat tinggi dalam menulis genre ini karena berdasarkan pengetahuan ilmiah.

Contoh buku sci-fi lokal yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Destination: Jakarta 2040.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Berawal dari Ilyas yang mempelajari alam semesta dan bagaimana menciptakan manipulasi waktu. Perjalanan manipulasi waktunya merusak hubungan cinta dia dengan seorang gadis bernama Alisa di tahun 2015, dan lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba di tahun 2040. Ilyas pun bingung oleh perjalanan distorsi waktu, dan apakah ini perjalanan yang harus dihadapi atau disadari?

Sci-fi terjemahan dari Jepang yang nggak kalah menarik, yaitu Keajaiban Toko Kelontong Namiya!

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Tiga pemuda berandal bersembunyi di toko tak berpenghuni setelah mencuri. Sepucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko, berisi permintaan saran. Surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan. Hanya untuk satu malam dan saat fajar menjelang, hidup ketiga pemuda itu tidak akan pernah sama lagi. Apa yang terjadi?

4. Fantasi

Cerita yang tak ada di dunia nyata, bahkan terasa tak masuk akal. Genre ini sama dengan sci-fi, hanya saja cerita yang ada di dalamnya benar-benar membuat kita seperti masuk dalam dunia lain yang berbeda.

Biasanya berlatarkan kerajaan-kerajaan, alam semesta dengan konsep mitos dunia, serta ada unsur magis dan supranatural. Walaupun imajinasi tulisan benar-benar bebas, alur cerita tetap dijelaskan dengan rasional dan logis, serta biasanya ada pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Novel seri fantasi terkenal dari R.F Kuang, penulis terbaik dari Cina dan memenangkan berbagai penghargaan, The Poppy War.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Rin, perempuan yang berhasil masuk akademi militer elite di Kekaisaran Nikan. Tapi karena dianggap anak kampung miskin, Rin malah jadi bulan-bulanan. Dalam keadaan putus asa, Rin mendapati dirinya memiliki kekuatan supernatural yang mematikan, syamanisme. Di bawah bimbingan guru, ia jadi tahu bahwa dewa-dewa yang selama ini dikira mati, ternyata masih hidup. Federasi Mugen mengintai kekuatan Rin. Memenangkan perang mungkin harus dibayarnya mahal dengan sifat kemanusiaan.

Novel adaptasi film terkenal, Weathering With You.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Sang kreator adalah Makoto Shinkai yang juga pembuat animasi populer, Your Name/Kimi No Nawa. Berawal dari Ilodaka yang kabur ke Tokyo. Di tengah hujan berkepanjangan dan hiruk pikuknya kota, Hodaka bertemu dengan gadis berkekuatan ajaib bernama Hina. Gadis itu hanya perlu memanjatkan doa untuk mcmbuat cuaca menjadi cerah. Mereka pun membuat jasa berbayar untuk orang-orang yang ingin menahan hujan untuk keperluan berbagai kegiatan. Sayang cuaca makin tak karuan, hidup mereka dirusak oleh takdir, dan mereka harus memilih cara hidup mercka.

5. Thriller / Suspense / Mystery

Ketiga genre ini mempunyai tema yang sama, biasanya tentang pembunuhan, penculikan, atau tindakan kriminal lainnya. Jalan ceritanya juga melibatkan pengejaran atau pelarian, dan ada karakter yang memunculkan plot twist seru, karena banyak misteri yang terbongkar satu persatu.

Novel thriller seru, Second Sister (Putri Kedua).

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Nga-Yee, selama ini membesarkan adiknya dan tidak percaya jika adiknya bunuh diri. Ia meminta bantuan hacker untuk menyelidiki kasus kematian adiknya. Penyelidikan amatir berlanjut ke seluruh penjuru kota Hong Kong serta dunia digital bawah tanah. Berawal dari kasus pelecehan seksual di transportasi umum, yang berlanjut menjadi kasus perundungan di dunia daring ternyata membuat sang adik menyerah. Benarkah itu penyebab sang adik memutuskan untuk bunuh diri?

Pecahkan misteri bersama Enola Holmes di Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Buket Bunga Kematian.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Enola menyamar jadi wanita cantik untuk mencari Dr. John Watson yang menghilang. Sherlock dan Mrs. Watson juga berusaha mencari keberadaan sang dokter, namun tidak menemukan petunjuk yang berarti. Kecuali sebuah buket bunga misterius yang dikirimkan ke kediaman Watson, sejak hari di mana ia menghilang. Apakah Enola dapat menemukan sang dokter, saat Mycroft mengetahui sesuatu tentang penyamarannya selama ini?

Suspense yang terjadi dalam upaya pemecahan kasus pembunuhan pada Salvation of a Saint.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Seorang pria ditemukan tewas di rumahnya akibat kopi beracun. Istrinya yang memiliki motif dijadikan sebagai tersangka, setelah ia dicampakkan oleh sang suami. Tapi sebenarnya, sang istri tidak ada di tempat saat kejadian. Detektif Kusanagi dan Detektif Utsumi Kaoru yang menyelidiki kasus memiliki opini bertentangan soal siapa pelakunya. Namun, Utsumi merasa Kusanagi terlalu berempati terhadap istri korban dan itu membuat penilaiannya kabur. Utsumi meminta Profesor Manabu Yukawa untuk membantu kepolisian, sekaligus meluruskan logika Kusanagi. Apakah kasus ini dapat terpecahkan? Siapakah dalang dibalik kopi beracun itu?


Baca juga: 10 Fiksi Terjemahan Baru dan Seru Terbitan GPU


6. Historical

Berlatar dunia sesungguhnya hanya saja di masa yang berbeda, yaitu masa lalu. Biasanya ada tokoh sejarah penting yang digambarkan secara fiksi namun berdasarkan sejarah faktual. Ada juga historical romance yang menjadi sub-genre, melibatkan percintaan namun saling bertentangan dengan latar faktual.

Berlatar belakang sejarah tentang kepiawaian diplomasi Syamsuddin atau Laksamana Cheng Ho dalam merintis jalur perdagangan yang kini dikenal sebagai Jalur Sutra (The Silk Road) pada Armada Matahari.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Dengan sikap, tutur kata, dan kecerdasan Syamsuddin yang mampu menaklukkan para pembesar dan orang terpandang dalam pembukaan jalur perdagangan baru. Upaya Syamsuddin tak selalu mulus, ada perebutan kekuasaan, perseteruan antar-kabilah, serta fitnah yang dilancarkan membuat upaya ini kian pelik. Lagi-lagi, sang admiral harus mampu menunjukkan kemampuan berdiplomasi dan membangun kepercayaan.

Cerita romantis berlatarkan kerajaan abad 18 yang bisa buat baper! Sudah diadaptasi menjadi serial di Netflix, yaitu Bridgerton: The Duke and I.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Simon Basset, Duke of Hastings, melakukan perjanjian dengan Daphne Bridgerton melakukan taktik untuk menyelamatkan Simon dari serbuan ibu-ibu bangsawan untuk dijadikan menantunya, serta memperlihatkan pada pria lajang lain bahwa Daphne adalah wanita yang layak. Kala mereka melakukan sandiwara, Daphne mulai merasakan percikan cinta. Mungkin karena senyum jail Simon atau caranya memandang setiap kali mereka berduaan. Daphne hanya tahu dirinya telah jatuh cinta kepada sang duke!

7. Horor

Dibalut alur cerita penuh ketegangan yang membuat pembaca bisa ikut merinding. Genre ini berhubungan dengan dunia gaib dan makhluk halus, di mana bisa menakuti secara wujud atau ancaman berupa teror kematian.

Lanjutan investigasi di Pulau Jawa bersama Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Genta, Om Hao, dan Mada melanjutkan investigasinya akan sejarah, mitos, atau kisah mistis di pulau Jawa. Kali ini berdasarkan kengerian kecelakaan bus study tour di tikungan maut Paiton, Jawa Timur. Baca sendiri pada malam hari untuk menambah ketegangannya!

Teman Risa selain Peter CS, ada di Jurnal Risa: Mamat Ujang.

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiBeli dan Baca Sekarang!

Menceritakan tentang dua hantu laki-laki yang baru ia temui di lokasi syuting. Penampilan keduanya dibilang cukup menyeramkan, tapi jiwanya periang dan hangat. Mari kenalan lebih lanjut dengan sosoknya!


Baca juga: Meningkatkan Kualitas Diri dari Buku Fiksi


Masih ada genre-genre lain yang tak kalah seru untuk kamu baca, lho. Nah, buat kamu yang mau mengikuti keseruan para tokoh dari cerita-cerita di atas, Admin kasih kamu diskon spesial!

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku FiksiKlik untuk Pilihan Buku Fiksi Lainnya!

SINARAN! Memberikan kamu diskon spesial 20% untuk buku-buku fiksi pilihan terbaik. Yuk, pilih bukunya sekarang dengan gambar-gambar buku di atas atau klik banner promo ini untuk mencari buku pilihan lainnya.

Belanja sekarang karena promo ini hanya berlangsung hingga 18 April 2021. Selamat menyelam dalam dunia imajinasi yang menyenangkan!


Sumber foto header: Tirto.id

,

Secara garis besar ada dua kategori utama buku, yaitu genre fiksi dan non-fiksi. Buku fiksi mempunyai beberapa genre turunan lagi. Berikut genre-genrenya.

, , Gramedia, {authorlink}, https://www.gramedia.com/blog/genre-yang-biasa-ada-dalam-kategori-buku-fiksi/, https://www.gramedia.com/blog/rss/, Review Buku Gramedia,

Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

, https://www.gramedia.com/blog/favicon.png, Artikel Siaran – Gramedia.com/RSS, 6369, April 15, 2021, 11:59 am

Bagikan Dengan Sekali Klik: