Teman Setia, siapa nih yang masih nyepelein dan jarang minum air putih?  Air merupakan bagian penting untuk kehidupan, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih cepat mati dibandingkan tanpa makanan. Maka dari itu tubuh kita memerlukan asupan air putih yang cukup.  

Meski begitu, masih banyak dari kita tidak minum air putih yang cukup setiap harinya. Padahal kita dianjurkan minimal minum air putih 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.  Nah, untuk itu kamu perlu tau dulu nih manfaat air putih yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, diantaranya:  

1. Mencegah Dehidrasi 

Minum air putih merupakan cara mengatasi dehidrasi yang paling efektif. Saat dehidrasi, cairan dalam tubuh berkurang drastis. Dehidrasi parah dapat menyebabkan munculnya penyakit berat, seperti bengkak otak, kejang, hingga gagal ginjal. 

2. Memperbaiki Kondisi Kulit 

Asupan air yang cukup juga membantu memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit kita sekaligus meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuat kulit tampak sehat dan kenyal. Selain itu manfaat rutin minum air putih dapat mencegah penuaan dini. 

3. Membantu Pencernaan 

Air dapat membantu mencerna makanan lebih baik dan mencegah sembelit. Air juga membantu melarutkan mineral dan nutrisi agar dapat diakses, diolah, dan dipergunakan oleh tubuh. 

4. Menurunkan Berat Badan 

Minum air putih membantu membakar kalori. Air sangat diperlukan untuk membakar lemak di tubuh di mana ini adalah faktor penting dalam menurunkan berat badan. Sebab, tanpa air tubuh tidak bisa memetabolisme lemak atau karbohidrat yang tersimpan dengan baik. 

5. Membantu fungsi kognitif  

Penelitian menunjukkan bahwa tidak minum air putih sesuai anjuran dapat mengganggu fokus dan mengurangi fungsi ingatan atau memori. Cara meningkatkan fungsi kognitif seseorang bisa dimulai dengan minum air putih yang cukup. 
 
6. Mencegah Bibir Kering 

Jumlah air putih yang cukup dapat menghasilkan air liur yang dibutuhkan oleh mulut. Jika produksi air liur tidak cukup dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan menyulitkan proses memecah makanan dalam mulut. 

7. Membantu Menghilangkan Racun Dalam Tubuh 

Malam hari merupakan waktu di mana tubuh memperbaiki diri serta mengeluarkan semua racun yang ada di dalamnya. Ketika meminum air di pagi hari dalam keadaan perut kosong, artinya racun dalam tubuh dibersihkan dengan air tersebut. 

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Air putih dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit, bakteri, kuman dan lain lainnya. 

9. Memberikan Dampak Besar Pada Otak  

Otak manusia memiliki kandungan yang sebagian besarnya adalah air. Jadi, ketika mengalami dehidrasi, maka otak akan langsung terkena dampaknya. Dehidrasi ini dapat menyebabkan susah untuk berkonsentrasi dan juga berkemungkinan untuk mengganggu daya ingat seseorang. 

10.  Menjaga Kesehatan Ginjal 

Ginjal memegang peranan penting dalam tubuh untuk menyaring darah dan membuang zat-zat beracun dalam tubuh. Minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal tetap berfungsi secara optimal dan meminimalisir resiko terkena batu ginjal.   

Ternyata minum air putih punya banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Agar tubuh kita tetap sehat dan terjaga, yuk mulai sekarang konsumsi minum air yang cukup! 

Bagikan Dengan Sekali Klik: