SM Entertainment dan YG Entertainment tak lagi masuk dalam daftar perusahaan blue chip.

Status dua agensi K-Pop raksasa ini telah diturunkan dari divisi perusahaan unggulan atau blue chip (superior), ke divisi perusahaan bisnis menengah.

Korean Securities Dealers Automated Quotations (KOSDAQ) menurunkan status dua perusahaan tersebut karena terdapat penurunan pendapatan dan peningkatan kerugian selama tiga tahun ke belakang.

SM Entertainment pertama kali dipromosikan menjadi perusahaan blue chip pada Maret 2008 silam, sedangkan YG Entertainment masuk dalam daftar perusahaan blue chip pada April 2013.

Berdasarkan aturan yang berlaku di bursa saham Korea, perusahaan bisa mendapat status perusahaan blue chip jika memiliki total modal perusahaan sebesar 70 miliar Won dan kapitalisasi pasar lebih dari 100 miliar Won selama 6 bulan terakhir. Perusahaan juga harus mempertahankan keuntungan bersih di atas 3 miliar Won, total penjualan melebihi 50 miliar Won dan pengembalian rata-rata ekuitas sebesar 5% dalam 3 tahun terakhir.

Meskipun SM Entertainment dan YG Entertainment telah memenuhi seluruh persyaratan lain, kedua perusahaan gagal mempertahankan keuntungan bersih mereka dan pengembalian rata-rata ekuitas telah mengalami penurunan secara drastis.

Selama 3 tahun terakhir, SM Entertainment diketahui mengalami rata-rata kerugian sebesar 24,4 miliar Won setiap tahunnya, sedangkan YG Entertainment mengalami kerugian sebesar 1,8 miliar Won pertahun. (www.kpopchart.net)

The post Terus Alami Kerugian, SM dan YG Dikeluarkan Dari Daftar Perusahaan Blue Chip appeared first on Kpop Chart.

Bagikan Dengan Sekali Klik: