Akankah fansite dan fancam idol K-Pop menghilang setelah RUU hak cipta di Korea ini diberlakukan?

Belakangan Korea dihebohkan dengan munculnya usulan dari salah satu partai politik di Korea yang menyuarakan RUU hak cipta untuk setiap idol yang tampil di atas panggung secara live.

Hal ini disuarakan oleh Kim Hong Gul, perwakilan dari partai Demokrat mengusulkan amandemen undang-undang hak cipta yang ada pada 11 Desember. Jika RUU ini disahkan, live performance dari para artis di Korea akan mendapatkan perlindungan hak cipta dengan hukuman hingga 1 tahun penjara atau hukuman ganti rugi sebesar 10 juta KRW (sekitar 128,8 juta rupiah).

Peran fansite ini menjadi hal positif sekaligus negatif secara bersamaan bagi para perusahaan di industri musik Korea, dimana mereka berperan sebagai penyalur/publisitas untuk penggemar lainnya. Hal tersebut tidak berpengaruh jika konser yang didatangi dan direkam oleh fansite ini ialah konser gratis. Berbeda halnya jika konser yang dihadiri fansite ini adalah konser berbayar.

Selain itu, tidak sedikit label yang mendapatkan keluhan fans lain karena mereka memblokir pandangan selama konser atau acara berlangsung.

Salah satu narasumber dari industri musik mengungkapkan respon terhadap usulan RUU hak cipta ini dengan bersuara, “Kami dengan senang hati mengizinkan siapa pun mengupload fan cam apa pun dari artis kami di konser atau acara gratis. Video mereka membantu mempromosikan artis kami. Bagian yang sulit adalah saat fansite tersebut berada di konser berbayar. Kami benar-benar berada dalam sebuah mengikat sehingga sebagian besar waktu kita hanya menutup mata terhadap fancam di YouTube. Aku rasa perlindungan tambahan tidak akan merugikan.

Narasumber lainnya juga mengungkapkan, “Kami tidak dapat mengabaikan efek positif dari fansite. Namun dalam jangka panjang, pelanggaran hak cipta dengan memposting rekaman yang tidak sah harus ditangani.

Bagaimana menurut kalian dengan isu ini? (www.kpopchart.net)

The post Fansite yang Rekam Idol K-Pop Tampil Live Terancam Bakal Dipenjara 1 Tahun atau Denda Ratusan Juta? appeared first on Kpop Chart.

Bagikan Dengan Sekali Klik: