Halo Teman Setia, kalian tau nggak kalau buah strawberry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan loh. Buah merah yang berbintik-bintik ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral! Selain itu pasti kamu juga tergoda kan sama warna merahnya yang cerah dengan bau serta rasanya yang segar? Jadi nggak diragukan lagi kalau buah strawberry dimanfaatkan baik dari harum dan rasanya.

Teman setia, strawberry terkenal sebagai sumber vitamin C, mangan yang baik, folat (vitamin B9) dan potasium ini memiliki nama latin fragaria ananassa yang sangat kaya antioksidan dan senyawa tanaman, sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mengontrol gula darah.

Dilansir dari katadata.co.id tentang manfaat buah stawberry, berikut beberapa manfaat buah strawberry untuk kesehatan:

  1. Menjaga kesehatan mata
    Buah strawberry diperkaya kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Itu semua dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah mata kering, degenerasi makula dan katarak loh teman setia. Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Meminum jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh loh teman setia. Hal ini dikarenakan strawberry kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh teman setia!.
  3. Mencegah kanker
    Strawberry memiliki efek antikarsinogenik loh teman setia. Kandungan antikarsinogenik ini dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, serta mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh. Meminum jus atau memakan buah strawberry secara rutin dapat menghindarkan Anda dari bahaya kanker loh teman setia.
  4. Meningkatkan fungsi otak
    Kandungan strawberry kaya antisianidin dan flavonoid loh teman setia, yang efektif mencegah penurunan memori .
  5. Mencegah tekanan darah tinggi
    Teman setia, strawberry merupakan buah kaya akan anthocyanin yang dapat mencegah tekanan darah tinggi loh, anthocyanin pada buah strawberry juga dapat membantu membuka aliran darah.
  6. Mengurangi risiko serangan jantung
    Fungsi anthocyanin pada strawberry lainnya adalah mencegah serangan jantung loh teman setia.
  7. Mencegah risiko stroke
    Zat anthocyanin pada strawberry dapat mencegah hipertensi loh.Hipertensi adalah salah satu faktor risiko stroke. Dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, tekanan darah dapat terkontrol, sehingga mengurangi risiko terkena stroke, teman setia.
  8. Mengontrol gula darah
    Para ahli menjelaskan bahwa antioksidan dan berbagai senyawa lain seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang terkandung dalam strawberry dapat membantu mengontrol gula darah.
  9. Menangkal efek radikal bebas
    Stroberi merupakan salah satu jenis buah kaya kandungan antioksidan yang berperan penting melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.
  10. Kandungan antioksidan dalam stroberi juga bermanfaat meredakan peradangan, serta menjaga kesehatan kulit dan tulang loh, teman setia.
  11. Menjaga kesehatan pencernaan
    Serat yang terkandung pada buah strawberry juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan loh teman setia. Selain itu Serat juga berfungsi mengikat lemak dan kotoran di usus, sehingga ampuh mencegah berbagai penyakit seperti sembelit dan wasir. Serat juga dapat membantu usus agar mencerna makanan lebih baik.
  12. Mengatasi peradangan (anti inflamasi)
    Kandungan strawberry yang bertindak sebagai anti inflamasi adalah polifenol, antosianin, mikronutrien dan serat. Zat-zat pada strawberry berperan dalam mencegah peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia, dan berbagai penyakit pembuluh darah.
  13. Mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) kandungan polifenol pada strawberry dan buah beri lainnya dapat membantu penyerapan HDL atau kolesterol baik, serta mencegah penyerapan kolesterol jahat.Oleh karena itu, mengonsumsi strawberry secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler yang diakibatkan kolesterol tinggi, seperti penyakit jantung, teman setia.
  14. Mengatasi jerawat
    Strawberry juga mampu mengatasi jerawat berkat zat anti inflamasi. Zat tersebut mampu mencegah peradangan kulit yang menyebabkan jerawat.
  15. Menghidrasi kulit
    Kandungan air pada strawberry efektif untuk mencegah kulit kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga kelembabannya, sehingga akan tampak lebih segar. Selain itu, kulit juga akan terhindar dari masalah-masalah yang diakibatkan kulit kering.
  16. Mencegah penuaan dini
    Strawberry adalah buah kaya Vitamin C. Efektivitas vitamin C dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan dan keriput.
  17. Mencerahkan kulit
    Selain mencegah penuaan dini, vitamin C dalam buah strawberry dapat membantu kulit menjadi lebih cerah. Adapun kandungan sodium ascorbyl phosphate (SAP) atau vitamin C larut air yang terdapat pada buah tersebut, dipercaya mampu memberikan hasil efektif dalam mencerahkan kulit.
  18. Melindungi kulit dari bahaya polusi dan sinar UV
    Manfaat strawberry yang penting untuk kulit selanjutnya, adalah melindungi dari bahaya polusi dan sinar UV. Itu berkat kandungan antioksidan yang kaya pada strawberry, yang dapat menangkal radikal bebas akibat polusi, serta menjaga kulit dari bahaya sinar ultraviolet.
  19. Bagus untuk diet sehat
    Strawberry memiliki kalori yang rendah dan menyimpan banyak vitamin, mineral, serta nutrisi baik untuk kesehatan. Mengonsumsi strawberry dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk penurunan kolesterol, tekanan darah, peradangan, dan stres oksidatif.

Buah mungil merah ini punya banyak banget manfaatnya, ya! Teman Setia bisa mengolah buah ini menjadi jus atau smoothie. Tapi perlu diketahui juga Teman Setia, buah ini juga dapat memicu gejala alergi. Dikutip dari halodoc.com, memanaskan strawberry dapat mengubah kandungan protein di dalamnya, jadi orang yang alergi terhadap buah ini bisa mengkonsumsinya dengan aman.

Bagikan Dengan Sekali Klik: