Teman setia, kamu tau nggak nih dampak dari kekurangan karbohidrat? Pasalnya banyak orang yang menjauhi karbohidrat dengan tujuan untuk mengurangi berat badan. Padahal, kekurangan karbohidrat dapat membawa beragam gangguan kesehatan karena karbohidrat merupakan nutrisi penting bagi tubuh! Banyak manfaat karbohidrat bagi tubuh loh diantaranya menyediakan energi untuk beraktivitas, mulai dari bernapas hingga berjalan. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi mencegah serangan penyakit dan menjaga berat badan.

Efek yang di dapat jika kekurangan karbohidrat yaitu dapat menyebabkan kepala pusing, tubuh terasa lemah, hingga rentan terserang penyakit yang dapat berefek dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut beberapa tanda tubuh mengalami defisiensi karbohidrat yang harus diwaspadai:

  1. Lemas dan lesu

Salah satu tanda-tanda tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat yaitu Teman Setia merasa lemas dan lesu setiap saat. Karbohidrat diubah menjadi glukosa sebagai energi tubuh, sebagian akan dicadangkan pada organ hati, otot, dan sel tubuh dan sebagian lagi digunakan untuk otak dan sistem saraf. Itulah kenapa Teman Setia merasa tidak memiliki tenaga kalau kekurangan karbohidrat.

  1. Sembelit

Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan penyakit sembelit atau konstipasi. Hal ini dikarenakan tubuh juga kekurangan serat secara bersamaan. Karbohidrat bisa di temukan juga pada sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang kaya serat. Jadi Teman Setia dapat mengkonsumsi tersebut sebagai alternatif nasi ataupun menjalankan diet rendah karbohidrat.

  1. Kekurangan gizi

Ternyata ketika Teman Setia mengurangi mengonsumsi karbohidrat secara tidak sadar Teman Setia juga kekurangan vitamin dan mineral. Semisal seperti buah jeruk yang mengandung vitamin C untuk kekebalan tubuh, atau wortel yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan kulit dan pengelihatan. Wah tentunya kita sudah kehilangan banyak sekali gizi yang terkandung dalam buah dan sayuran! Selain itu tubuh kita akan menunjukkan gejala kurang gizi secara bertahap.

  1. Berat badan turun

Selain kekurangan gizi tubuh Teman Setia juga akan mengalami penurunan berat badan, terlebih jika Teman Setia menjalankan diet rendah karbohidrat. Sayangnya hal ini tidak akan berlangsung lama jika Teman Setia menjalani gaya hidup yang aktif. Ini akan berbahaya karena tubuh mungkin akan menyimpan lemak lebih banyak, memperlambat metabolisme tubuh, dan berisiko mengalami dehidrasi. Selain itu, kalau Teman Setia rajin melakukan olahraga dapat merusak jaringan otot karena kamu nggak memiliki cukup cadangan energi untuk berolahraga.

Bagikan Dengan Sekali Klik: