Narasumber : Abd Rochim selaku Divisi Sosialisasi, Pemilih, Partisipasi dan SDM KPU Kota Salatiga.
Host : DJ Gita Nugraha

2024 merupakan Tahun Politik yang pasti sudah harus dipersiapkan, mulai dari regulasi, infrastuktur maupun SDM yang mendukung. Pemilu dan Pemilihan kali ini serentak dilaksanakan pada tahun 2024. Untuk Pemilihan (Bupati/Walikota) diadakan pada bulan November 2024, sedangkan Pemilu (Presiden) dilaksanakan di bulan April sesuai regulasi dari KPU, namun untuk tanggalnya masih menunggu keputusan akhir dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dinamika di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang terjadi sangat luar biasa, dikarenakan efisiensi waktu belum berakhirnya pandemi secara tuntas. Berkaitan dengan hal tersebut, menimbulkan isu penundaan Pemilu dan Pemilihan Presiden dari rencana 2024 menjadi 2027 terjadi. Abd Rochim menjelaskan, bahwasanya pada tahun 2024 tetap dilaksanakan Pemilu dan Pemilihan Serentak. Karena keputusannya sudah pasti dilaksanakan, sesuai regulasi yang sudah ditentukan. Fungsi Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah Event Organizer (EO) hanya menjalankan Undang-undang saja.

Upaya yang dilakukan KPU Kota Salatiga dalam menyongsong Pemilu 2024 selalu digalakkan secara sistematis, seperti pembaruan data pemilih, koordinasi dengan stakeholder secara rutin, dan juga sosialisasi kepada masyarakat. Adanya simpang-siur demokarasi melahirkan iklim demokrasi yang beraneka ragam. Iklim demokrasi yang baik terlahir dari iklim demokrasi yang substantif, bukan pada demokrasi yang transaksional.

Berkaitan dengan Pemilu pasti tidak jauh-jauh dari Anggaran Pemilihan Umum, anggaran tahun 2024 di Kota Salatiga terbagi menjadi dua, yaitu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Pada tahun 2024 muncul anggaran kesehatan untuk tetap menjaga protokol kesehatan, karena masih adanya pandemi jadi pemerintah memberikan anggaran kesehatan tersebut.

Strategi KPU Tahun 2024 menyiapkan regulasi sesuai standar, infrastuktur terjamin, dan SDM juga disiapkan dengan baik agar pelaksanaan berjalan dengan baik. Pelaksanaan Pemilu pada Tahun 2024 terus ditegakkan, baik dari penyelenggara, pemerintah, pengawas dan lain sebagainya. Bukan hanya sekedar event biasa, itu sebabnya segala hal sudah harus dipersiapkan dengan baik agar tercipta hasil yang maksimal.

Bagi pemilih yang belum mendaftar, diharapkan untuk proaktif agar tetap terdata dengan baik. Untuk partai politik harapannya sesuai standar, misalnya 100 pengurus maka harus ada 30% untuk perempuan. Gunakan hak pilih anda dalam Pemilu Serentak 2024! Lalu, bagaimana tahapan selanjutnya Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 mendatang? Yuk kita simak video penuhnya!

Credit (Teman Magang) :
– Streamer : Crew Radio Suara Salatiga 99.9 FM
– Editor video : Nur Malia Musyafiah
– Editor Thumbnail : Abdul Wakhid
– Script Writer : Annisa Uswatun Khasanah
– Uploader : Ahmad Zulfa Effendi

About Post Author

Bagikan Dengan Sekali Klik: