3 menitJerawat sering menjadi masalah kesehatan yang menjengkelkan bagi siapa pun. Banyaknya jenis jerawat yang muncul semakin menyulitkan ketika mengobatinya. Yuk, kenali masing-masing jerawat tersebut dan cara mengatasinya secara ampuh!
Meskipun jerawat tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, tetapi, bila tak dirawat dengan cara yang tepat justru akan memperbesar risikonya.
Semakin tak dirawat dengan benar, jerawat-jerawat tersebut pasti akan semakin mengganggu penampilan dan merusak percaya diri, lo!
Jadi, agar jerawatmu tak semakin parah, yuk simak berbagai jenis jerawat yang ada dan cara mengatasinya.
Berikut ini penjelasan mengenai 10 jenis jerawat dan cara mengatasinya seperti dikutip dari laman Reader’s Digest.
10 Jenis Jerawat yang Ada di Wajah dan Cara Mengatasinya
1. Jenis Jerawat Whitehead

Menurut Dokter kulit Jol Schlessinger, jerawat whitehead wujudnya sangat mudah dikenali.
Jerawat whitehead timbul ketika lapisan kulit mati menutupi dan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan gumpalan-gumpalan putih di permukaan kulit.
Umumnya, jerawat jenis ini disebabkan oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan juga perubahan hormonal.
Cara membersihkan terbaik adalah dengan mencuci wajah secara rutin pada pagi dan malam hari dan jangan pernah memencet jerawatnya.
2. Jerawat Blackhead
Sama seperti whitehead, jerawat blackhead juga timbul disebabkan oleh penyumbatan pada pori-pori kulit akibat dari minyak berlebih dan perubahan hormonal.
Jerawat jenis ini menjadi berwarna hitam karena pori-pori yang tersumbat dibiarkan terbuka dan terpapar udara.
Kamu bisa menggunakan retinol atau obat retinoid yang lebih kuat untuk membersihkan penyumbatan sel-sel kulit mati di kulit.
Namun, bila ingin hasil yang lebih maksimal sebaiknya proses perawatan diserahkan kepada ahli kulit profesional.
3. Jerawat di Zona T
Jerawat yang muncul di zona T adalah jerawat yang cukup sering timbul dalam formasi bentuk T di area seperti dahi, hidung, dan dagu.
Biasanya, jerawat yang muncul adalah jenis jerawat merah dan jerawat whitehead yang seringkali disebabkan oleh paparan polusi.

Dendy Engelman, ahli dermatologi dari Manhattan menjelaskan bahwa jerawat di zona T bisa dibersihkan dengan obat yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan retinoid.
Baca Juga:
9 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Mudah & Ampuh Agar Tak Berjerawat | Rahasia Para Artis?
4. Jerawat Hormonal
Jerawat hormonal timbul karena adanya minyak berlebih akibat produksi hormonal dan menyebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori.
Jerawat ini umum terjadi pada perempuan, terutama mereka yang mengonsumsi pil kontrasepsi.
Oleh karena itu, sebaiknya pilih pil kontrasepsi yang sesuai atau gunakan obat co-cyprindiol untuk mengatur keseimbangan hormon tubuh.
5. Jenis Jerawat Pustula
Jerawat pustula timbul dalam bentuk benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada pori-pori kulit.
Schlessinger menjelaskan ada beberapa tingkatan keparahan jerawat pustula yang sangat bergantung pada kecepatan pertumbuhan tiap jerawat.
Namun, kamu bisa mencoba membersihkan jerawat pustula dengan obat jerawat yang mengandung asam salisilat.
6. Jerawat Papula

Jenis jerawat papula muncul serupa ruam-ruam kecil berwarna merah pada kulit dan biasanya terasa sangat menyakitkan.
Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba mengobati jerawat papula dengan obat antibiotik ataupun obat perawatan topikal seperti tretinoin dan retinol.
7. Jerawat Kistik
Schlessinger menjelaskan bahwa jerawat kistik timbul di bawah permukaan kulit karena adanya penyumbatan kulit oleh sel kulit mati atau minyak berlebih.
Jerawat kistik biasanya timbul karena adanya perubahan hormon, oleh karena itu cukup sering dialami oleh anak-anak remaja.
Sebaiknya kamu tidak merawat jerawat ini sendirian dan segeralah konsultasikan dengan ahli kulit profesional untuk mendapatkan perawatan terbaik.
8. Jerawat Fulminans
Jerawat fulminans adalah jerawat kistik yang cukup langka dan parah yang lebih sering dialami oleh remaja laki-laki.
Pertanda paling jelas dari kemunculan jenis jerawat ini adalah adanya radang nodul yang parah disertai plak terbuka di area wajah, dada, hingga punggung.

Melissa Kanchanapoomi Levin, seorang dokter kulit di New York City, menjelaskan tanda-tanda lainnya yang timbul yaitu demam, peningkatan jumlah sel darah putih, hingga nyeri otot.
Sebaiknya, perawatan jerawat fulminans diserahkan kepada dokter ahli kulit yang akan memberikanmu obat-obatan seperti steroid sistemik oral, isotretinoin, dan obat sistemik lainnya.
9. Jenis Jerawat Nodul
Tampilan jerawat nodul persis seperti jerawat kistik, oleh karena itu cara perawatannya yang tepat pun memerlukan bantuan dokter ahli kulit.
Schlessinger sendiri menjelaskan bahwa jerawat nodular bisa bertahan hingga berbulan-bulan bila tak mendapatkan perawatan yang tepat.
Salah satu cara pengobatan yang direkomendasikan Schlessinger adalah dengan menggunakan obat antibiotik dan obat perawatan topikal yang sesuai dengan resep dokter.
10. Jerawat Mechanica
Menurut Lily Talakoub, seorang ahli dermatologi, jenis jerawat mechanica timbul karena adanya gesekan dan suhu panas.
Selain itu, kebiasaan buruk dalam pemakaian perlengkapan olahraga dan pakaian olahraga yang tak higienis juga bisa memicu kemunculan jerawat ini.
Tak heran bila jerawat mechanica dikenal juga dengan nama “sports-induced acne” karena sering dialami oleh para atlet.
Selain menjaga kebersihkan pakaian, sebaiknya kamu pun membiasakan membersihkan wajah dengan obat berbahan peroksida benzoyl dan asam glikolat untuk mencegah kemunculan jerawat mechanica.
Baca Juga:
11 Obat Jerawat Alami yang Ampuh Menghilangkan Jerawat secara Aman
Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi masalah jerawatmu ya, Sahabat 99.
Daripada disimpan dan dibaca sendiri, mending share artikel ini ke media sosial yuk.
Jangan lupa bookmark Berita Properti 99.co Indonesia untuk informasi menarik lainnya.
Ingin cari properti? Pastikan untuk mencarinya di 99.co/id.
Posting 10 Jenis Jerawat yang Biasa Muncul di Wajah dan Cara Mengatasinya secara Ampuh ditampilkan lebih awal di 99 Berita Properti.
Semoga Bermanfaat Teman Setia, Dapatkan Informasi menarik lainnya di website ini. Atau nikmati di program siran kami 99.9 FM Radio Suara Salatiga. Anda juga dapat mendengarkan melalui streaming

Bagikan Dengan Sekali Klik: