Teman Setia, dalam rangka penerapan uji coba Area Traffic Control System (ATCS) di perempatan Jetis, para pengguna jalan dimohon untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada. Penerapan uji coba akan dilaksanakan pada Senin-Rabu (16-18 September 2019).

ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

Penerapan ATCS tersebut berfungsi untuk mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Dalam keadaan tertentu, ATCS memberikan waktu hijau pada kendaraan yang memiliki prioritas seperti kendaraan pemadam kebakaran, mobil ambulans, kendaraan VVIP, kendaraan konvoi, dll. Selain itu, ATCS berfungsi untuk menyampaikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan serta menyediakan rekaman data lalu lintas, kejadian kecelakaan, dan kejadian lainnya di persimpangan.

Dengan diterapkannya ATCS diharapkan akan tercipta optimasi kinerja jaringan jalan dan terwujudnya sistem lalu lintas serta angkutan jalan yang aman, selamat, dan berwawasaan lingkungan. Jumlah dan beban petugas pengatur lalu lintas di persimpangan juga diharapkan bisa berkurang dengan diterapkannya sistem tersebut.

Bagikan Dengan Sekali Klik: