Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo SH, MIP, mendorong pabrik plastik untuk membuat produk bioplastik. Selain itu, Ganjar juga mengajak pemerintah untuk terus memberikan sosialisasi mengenai penggunaan plastik ramah lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Jateng tahun 2019, di Taman Bendosari, Salatiga, Rabu (17/7).

“Wow, Ini menarik karena ada yang telah menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan. Dua sampai tiga tahun bioplastik bisa membusuk karena telah teroksidasi dan terdegradasi. Sehingga dapat mengurangi sampah untuk beberapa tahun kedepan. Sayangnya keberadaan bioplastik ini belum populer, mari kita populerkan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga menyampaikan bahwa tema yang diangkat sangat menarik. Banyak generasi muda yang peduli terhadap lingkungan dan berpartisipasi manjaga bumi.

Walikota Salatiga, Yulianto menyambut baik ajakan Gubernur Jawa Tengah untuk mengurangi sampah. Yulianto berharap agar pemanfaatan sampah bisa dilakukan dengan baik dan tepat sasaran di Salatiga.

Walikota juga mengajak agar peringatan hari Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar di kota Salatiga, bisa dijadikan tolak ukur bagi tata kelola dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang asri dan bersih bisa meningkat.

“Dengan lingkungan yang tertata baik, alamnya juga baik dan semakin asri. Diharapkan bisa menciptakan kondisi yang ramah lingkungan. Bebas dari sampah plastik dan hal tersebut harus kita jaga bersama-sama,” pungkasnya.

Bagikan Dengan Sekali Klik: